top of page

Ivo Sugianto Sabran Apresiasi dan Dukung UMKM Kalteng Terus Berkembang


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran, memberikan apresiasi terhadap program inovatif sentra layanan bagi pelaku usaha yang menyediakan pendampingan berkelanjutan untuk seluruh UMKM di Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikannya dalam acara Awarding Selalu Berkah Bank Kalteng yang digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, pada Rabu (25/9/2024).


Ivo mengucapkan selamat kepada UMKM binaan Kalimantan Tengah yang berhasil meraih penghargaan setelah melalui proses seleksi bertahap, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga kantor cabang, dengan penilaian yang dilakukan oleh juri yang kompeten dan objektif. "Saya berharap kepada pimpinan Bank Kalteng untuk terus membina UMKM binaan secara berkala serta meningkatkan kompetensi para pengrajin dan pelaku usaha kecil," ujarnya.


Ivo menambahkan bahwa program ini selaras dengan visi dan misi Gubernur Kalteng serta Dekranasda, yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi dan perluasan pasar bagi UMKM.


Lebih lanjut, ia berharap Bank Kalteng dapat memberikan edukasi literasi keuangan serta akses permodalan, termasuk bagaimana menjadi debitur yang baik, melalui kerja sama dengan OJK. Ia juga berharap di masa mendatang ada program dari Bank Kalteng yang dapat menjaring wirausahawan muda dengan produk berkualitas, berdaya saing, dan bernilai tinggi untuk mendukung kemandirian ekonomi Kalimantan Tengah.


Di kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Bank Kalteng, Marjuki, menegaskan bahwa UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi Kalimantan Tengah. "Kami berharap UMKM dapat naik kelas, meningkatkan omzet, dan berkembang dari usaha ultra mikro menjadi kredit mikro, karena Kalteng memiliki sumber daya alam yang melimpah dan berpotensi besar, seperti rotan yang bisa diolah menjadi produk UMKM yang sukses," jelasnya.


Pada acara tersebut, penghargaan diberikan kepada Juara I Batik Matan Andau Palangka Raya, Juara II Jawet Bawi Dayak Pulang Pisau, dan Juara III Rahmat Lestari Collection Nanga Bulik. Sementara Juara Harapan I diraih oleh UD Nabil Reihan Rotan Kapuas, Juara Harapan II oleh Hapakat Manjawet Katingan, serta Best Start Up diberikan kepada Sabun Turan Amis Tamiang Layang, Andina Attire Sampit, dan Batik Linsay Mura Puruk Cahu.


Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dekranasda Sayid Zainudin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng Norhani, serta perwakilan pimpinan perbankan dan pelaku UMKM di Kalimantan Tengah. -red




Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page