top of page

Jokowi Dorong Anak Indonesia Tingkatkan Wawasan dan Karakter


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan kepada seluruh anak Indonesia untuk terus belajar. Pesan ini disampaikan setelah menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Jayapura, Papua, pada Selasa (23/7/2024).


"Belajar, belajar, belajar," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers.


Jokowi menekankan bahwa anak-anak Indonesia harus dipersiapkan, bukan hanya dalam hal akademis, tetapi juga dalam wawasan dan karakter.


"Saya kira anak-anak ke depan harus disiapkan kepintarannya, kepandaiannya, wawasannya, dan karakternya," kata Jokowi.


Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengungkapkan bahwa ia tidak ingin memberikan sambutan pada Hari Anak Nasional 2024 ini.


"Ya, ini mungkin pertama kali puncak Hari Anak Nasional diadakan di Papua dan dilaksanakan secara besar-besaran. Anak-anak menikmati, saya juga tidak mau memberi sambutan pidato karena ini adalah harinya anak-anak, tempat anak-anak berinteraksi, bermain, bersenang-senang," ujar Jokowi.


Selama rangkaian acara HAN 2024, Jokowi hanya memberikan pertanyaan kuis kepada anak-anak dan memberikan hadiah.


Jokowi juga mendengarkan penyampaian 'suara anak Indonesia' terkait isu-isu terkini yang disampaikan oleh perwakilan anak, seperti pentingnya kepemilikan kartu identitas anak, kondisi perkawinan anak, anak sebagai perokok aktif dan pasif, penyalahgunaan narkoba dan minuman keras, terbatasnya fasilitas pendidikan di daerah, serta kekerasan dan eksploitasi anak.


Ia juga menyaksikan pertunjukan tarian kolosal Yospan yang dilakukan oleh 2.600 pelajar Papua yang memecahkan rekor Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI). Jokowi terlihat tertawa menyaksikan pertunjukan tersebut sambil mengabadikan momen itu melalui ponselnya. Kemudian Jokowi dan Iriana bergabung dengan ribuan anak-anak tersebut dan berjoget bersama di akhir lagu. -red

Comments


bottom of page