top of page

Jokowi: Harga Beras Stabil, Petani dan Rakyat Senang


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, meninjau stok beras dan menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Gudang Perum BULOG, Jalan Tjilik Riwut KM 7 Palangka Raya, pada Rabu (26/6/2024).


Presiden mengatakan bahwa beras yang disalurkan ini berkualitas baik dan merupakan pilihan terbaik.


"Jika harga beras naik, petani senang, tetapi masyarakat kesulitan. Begitu pula sebaliknya, jika harga beras turun, masyarakat senang, tetapi petani kesulitan. Oleh karena itu, tugas pemerintah adalah menyeimbangkan agar kedua belah pihak tidak dirugikan," ujarnya.


Presiden menambahkan bahwa jika stok beras dalam negeri kurang atau habis, pemerintah akan mengimpor beras agar harga tidak naik. "Karena jika pasokan kurang, otomatis harganya naik. Namun saat ini kita masih tenang karena stok beras di BULOG ada 1,7 juta ton," imbuhnya.


Sementara itu, Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi menyatakan bahwa pihaknya siap melakukan pengadaan beras dalam negeri yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 750 ton. "Sehingga sampai akhir tahun 2024, pengadaan beras dalam negeri bisa mencapai 1 juta ton," jelasnya.


Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini stok beras di BULOG dipersiapkan untuk bantuan pangan. "Seperti kata Bapak Presiden tadi, bantuan pangan akan ditambah tiga bulan lagi setelah bulan Juni, yaitu pada Agustus, Oktober, dan Desember," sebutnya.


Lebih lanjut, beras SPHP yang ada di BULOG ini berfungsi sebagai alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan beras berkualitas baik dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan oleh pemerintah daerah setempat.


"BULOG siap mendukung Kementerian Pertanian yang telah berusaha meningkatkan produksi untuk musim tanam kedua, yang akan panen sekitar bulan Agustus-September, dan BULOG siap untuk menampung," tandasnya.


Sebagai informasi, bantuan pangan yang disalurkan oleh Presiden Joko Widodo adalah sebanyak 380 paket beras, masing-masing 10 kg.


Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan Kepala Kantor BULOG Wilayah Kalteng Budi Cahyanto. -red



Foto : mmc.kalteng

Comments


bottom of page