top of page

Jokowi Kirim Bantuan Sebesar 35,5 Miliar Rupiah ke Papua Nugini dan Afganistan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin (8/7/2024).


Dalam konferensi pers, Jokowi menyatakan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global telah menyebabkan anomali cuaca yang memicu berbagai bencana, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.


"Kita tahu pada 24 Mei 2024 terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga, Papua Nugini. Pada bulan Oktober 2023, juga terjadi gempa bumi di Afganistan yang menimbulkan banyak korban jiwa dan pengungsi," ungkapnya.


Jokowi menekankan bahwa Indonesia harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.


"Karena itu, hari ini kita akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Papua Nugini dan Afganistan," jelasnya.


Menurut Jokowi, bantuan yang dikirimkan ke Papua Nugini senilai Rp 18 miliar, terdiri dari obat-obatan, makanan tambahan, hingga paket kebersihan. Sedangkan bantuan yang dikirimkan ke Afganistan bernilai Rp 17,5 miliar, terdiri dari 10 jenis bantuan.


"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di Papua Nugini dan Afganistan, serta membantu mereka bangkit kembali," ujar Jokowi.


Selain itu, Jokowi berpesan kepada delegasi misi kemanusiaan untuk menjaga amanah dengan baik. Ia juga mengingatkan agar delegasi menjaga keselamatan selama bertugas dan kembali dengan selamat ke tanah air.- red



Foto : CNBC Indonesia

Comments


bottom of page