top of page

Jokowi Minta Investasi di IKN Dikelola Cepat dan Efisien


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Basuki Hadimuljono, dan jajarannya di Istana Garuda, Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin (29/7/2024). Pertemuan ini membahas tiga hal penting.


Ini merupakan kunjungan pertama menteri di kantor presiden yang baru. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.


"Hari ini, Presiden sudah berkantor di IKN dan kami beruntung menjadi tamu pertama yang diterima oleh beliau. Saya hadir bersama para deputi dan didampingi oleh Menteri Perhubungan," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya.


Basuki juga menyampaikan beberapa poin penting dari pertemuan tersebut. Pertama, Presiden menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penataan IKN.


"Jadi, jangan sampai masyarakat merasa tergusur. Jika perlu relokasi, harus dicarikan tempat yang lebih baik," ungkap Basuki.


Kedua, Presiden meminta agar investasi di IKN dikelola dengan cepat dan efisien. Presiden mengingatkan pentingnya kelengkapan perjanjian kerja sama (PKS) sebelum memulai pembangunan selanjutnya.


"Dengan adanya PKS, mereka sudah mulai membayar kontribusi dan kita masukkan ke rekening sementara yang tidak akan dipakai oleh OIKN. Belum boleh dipakai," ucap Basuki.


Ketiga, mengenai Badan Usaha Milik Otorita (BUMO), Basuki menyatakan bahwa badan usaha tersebut akan difokuskan untuk mendukung pengembangan dan menciptakan keramaian di IKN. Contohnya, pembangunan bioskop, teater, hingga pemanfaatan infrastruktur yang sudah ada.


"Misalnya, pembangunan kebun binatang akan ditugaskan kepada BUMO. Jadi, sudah lebih jelas lagi," tutur Basuki.


Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Otorita IKN Raja Juli Antoni. -red

Comentarios


bottom of page