top of page

Jokowi Secara Resmi Memberikan Gelar Pahlawan Nasional kepada Enam Tokoh



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo secara resmi memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh pada peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan pada Jumat (10/11). Keputusan ini diumumkan melalui Keputusan Presiden Nomor 119/TK/Tahun 2023 dan disematkan secara resmi melalui upacara di Istana Negara.


Dalam upacara tersebut, Jokowi menyampaikan, "Hari ini, pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional kepada individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi bangsa dan negara." Gelar pahlawan nasional tahun ini diberikan kepada Ida Dewi Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M Tabrani (Jawa Timur), Ratu Kalinyamat (Jawa Tengah), KH Abdul Chalim (Jawa Barat), dan KH Ahmad Hanafiah (Lampung).


Penyerahan gelar pahlawan nasional secara simbolis dilakukan oleh Jokowi kepada ahli waris masing-masing tokoh, diakhiri dengan ucapan selamat dan sesi foto bersama. Selain itu, dalam perayaan Hari Pahlawan ini, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino, yang menerima Bintang Budaya Paramadharma.


Sebelumnya, Jokowi juga menghormati Hari Pahlawan dengan menghadiri Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Di sana, dia memimpin momen mengheningkan cipta dan meletakkan karangan bunga, termasuk melakukan sekar bunga di makam Presiden ke-4 RI, B.J. Habibie. -red

Comments


bottom of page