top of page

Gregoria Mariska Bawa Harum Nama Indonesia, Medali Perunggunya Punya Kisah Unik


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Tim Indonesia akhirnya meraih medali pertama di Olimpiade Paris 2024. Gregoria Mariska Tunjung, atlet bulu tangkis tunggal putri yang dikenal dengan panggilan Jorji, berhasil memenangkan medali perunggu. Prestasi ini juga membuatnya mengibarkan bendera merah putih saat prosesi pengalungan medali di Paris, Prancis, pada Senin (5/8/2024).


Meraih medali Olimpiade adalah impian tertinggi para atlet, mengingat ajang olahraga terbesar dan tertua di dunia ini hanya diadakan setiap empat tahun sekali.


Menurut Euro News, medali emas Olimpiade Paris tidak sepenuhnya terbuat dari emas. Dengan berat 529 gram, medali ini hanya mengandung enam gram emas atau sekitar 1,3% dari total berat, sementara sisanya adalah perak murni. Bagian emas hanya merupakan lapisan di atas inti perak.


Hingga Olimpiade Stockholm 1912, medali emas hampir seluruhnya terbuat dari emas. Namun, setelah Perang Dunia I, kandungan emas dalam medali berkurang sejak Olimpiade 1920 di Antwerp karena kebijakan penghematan.


Meskipun begitu, medali perak masih sepenuhnya terbuat dari perak, sedangkan medali perunggu adalah campuran tembaga, timah, dan seng.


Semua medali Olimpiade Paris 2024 dihiasi dengan potongan besi dari kerangka asli Menara Eiffel yang diletakkan di tengah medali, menampilkan logo Paris 2024.


Menurut Oxford Economics, nilai medali emas Olimpiade Paris diperkirakan sebesar US$1.027 atau sekitar Rp 16,7 juta, berdasarkan nilai pasar emas 24 karat dan perak murni per gram saat ini. Medali perak bernilai US$535 (sekitar Rp 8,6 juta) dan medali perunggu US$4.60 atau sekitar Rp 75.000.


Perhitungan ini tidak termasuk elemen besi Menara Eiffel yang tak ternilai harganya. Potongan besi ini diambil dari Menara Eiffel selama proyek renovasi dan modernisasi, kemudian diawetkan oleh pihak berwenang. Keputusan untuk memasukkan elemen ini dalam medali Olimpiade dibuat oleh komite atlet yang dipimpin oleh legenda biathlon Prancis, Martin Fourcade.


Desain medali Paris 2024 dikerjakan bersama Chaumet, rumah perhiasan dan jam tangan mewah Prancis yang sudah berusia lebih dari dua abad.


Oxford Economics juga memperkirakan nilai medali emas Olimpiade akan meningkat seiring waktu, bisa mencapai sekitar €1.500 (Rp 26,3 juta) pada tahun 2032, saat Australia menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas di Brisbane. -red

Comments


bottom of page