top of page

Kalimantan Tengah, Pemilik Baru Piala Duta Wisata Indonesia 2023


Foto : Jales dan Rabeka, Duta Wisata Kalimantan Tengah yang menjadi pemenang di tingkat nasional (dokumentasi istimewa)


KALTENG NETWORK, KENDARI - Usaha tidak mengkhianati hasil. Mungkin ini ungkapan yang tepat bagi sepasang putra-putri terbaik Kalimantan Tengah ini. Gelar Duta Wisata Indonesia 2023 berhasil dimenangkan oleh perwakilan dari Kalimantan Tengah, Jales Veva Jaya Mahe dan Rabeka Putri. Tentu saja pencapaian ini bukanlah sulap yang semalam jadi. Bermula sebagai Putra dan Putri Pariwisata Kota Palangka Raya, melanjutkan langkah sebagai Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah, hingga kini membawa pulang Piala Bergilir Duta Wisata Indonesia 2023. Keduanya telah digembleng selama lebih kurang satu tahun oleh berbagai mentor dan ahli di bidangnya.


Pasangan Kalimantan Tengah berhasil mendepak pasangan dari Aceh di grand final. Disusul posisi juara 3 yang dimenangkan oleh Sulawesi Tenggara, tuan rumah tahun ini. Provinsi lainnya turut menyabet berbagai gelar, Jawa Tengah sebagai Duta Wisata Intelegensia, Duta Wisata Terfavorit dimenangkan Kalimantan Timur, Sulawesi Barat sebagai Duta Wisata 4 Pilar, serta Duta Wisata Persahabatan dari Provinsi Papua Selatan. Selain itu, provinsi Bali yang juga sangat terkenal akan pariwisatanya menyabet gelar Duta Wisata Lingkungan Hidup, disusul Duta Wisata Anti Narkoba dari Kalimantan Utara, serta Duta Wisata Kebudayaan yang dinobatkan pada Sulawesi Tengah.


"Jika Tuhan yang membuka pintu tidak ada satupun yang dapat menutupnya dan jika Tuhan telah mengangkatmu tidak ada satupun yang dapat merendahkanmu," ucap Rabeka Putri ketika ditanya motto hidup oleh Tim Kalteng Network. Dara cantik yang juga berprofesi sebagai news anchor ini mengaku sangat bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk mewakili Kalimantan Tengah tercinta.


"Ini ke-tiga kalinya Kalimantan Tengah mendapatkan gelar Duta Wisata Indonesia. Prosesnya tentu tidak mudah, tetapi berkat dukungan penuh dari seluruh pihak saya dan Jales selalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik, Puji Tuhan berbuah manis," ucap Rabeka, yang juga diiyakan oleh pasangannya, Jales yang sekarang sedang menempuh kuliah di Teknik Pertambangan Universitas Palangka Raya tersebut.


Foto : Bersama dengan Ketua ADWINDO Kalteng (dokumen istimewa)


Tim Kalteng Network juga berkesempatan mewawancarai Ketua ADWINDO (Asosiasi Duta Wisata Indonesia) Kalimantan Tengah, Pega Pratama. Ia menyampaikan rasa bangga pada kedua anggotanya tersebut.

"Sangat bangga karna bisa meraih gelar untuk ke-tiga kalinya Kalimantan Tengah dipercayakan menjadi Duta Wisata Indonesia, Jales dan Rabeka sudah dengan sangat baik mejadi representatif generasi muda Kalimantan Tengah yang bisa membawa harum nama Kalteng. Ke depannya Jales dan Rabeka terus berkontribusi aktif dalam pengembangan pariwisata," tandasnya.


Jales dan Rabeka mengucapkan terima kasih kepada Pemerintan Provinsi Kalteng, ADWINDO Kalteng juga seluruh masyarakat Kalteng. Tidak lupa keduanya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Duta Wisata Indonesia dan Adwindo Nasioanal atas kesempatan dan kepercayaan yang luar biasa diberikan kepada Kalimantan Tengah untuk memegang gelar Duta Wisata Indonesia 2023.

"Harapannya gelar ini bukan hanya sebagai bentuk euforia tetapi bentuk dedikasi kami untuk Pariwisata di Kalimantan Tengah dan Indonesia. Karena berbicara mengenai menjadi seorang duta semua ada tentang dedikasi dan motivasi," ucap keduanya. -ivn




Comments


bottom of page