top of page

Pemprov Kalteng Dorong Peningkatan Kinerja Pemerintah dengan Aplikasi SRIKANDI


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi tersebut telah mengadakan fasilitasi bagi seluruh Perangkat Daerah (PD) di bawah naungan Pemerintah Provinsi tersebut untuk mempelajari Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 20 Maret hingga 1 April 2024, di Ruang Referensi Dispursip Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.


Aplikasi SRIKANDI merupakan hasil kerjasama antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo). Aplikasi ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.


Plh. Kadispursip Provinsi Kalimantan Tengah, Arthur Mukkun, menjelaskan bahwa aplikasi SRIKANDI memiliki peran penting dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Dia berharap pelatihan ini dapat membantu seluruh Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam meningkatkan kinerja, produktivitas, dan efektivitas mereka melalui penerapan aplikasi SRIKANDI, serta mempermudah pengelolaan arsip secara keseluruhan.


Selain itu, penerapan aplikasi SRIKANDI di setiap lingkungan Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam pengarsipan serta menjadi memori kolektif bangsa. Hal ini karena informasi berbasis digital dapat tersimpan dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah.


Mukkun menekankan bahwa keberhasilan penerapan aplikasi SRIKANDI ini sangat tergantung pada peran serta kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder terkait di lingkungan pemerintah. Dengan demikian, pengelolaan arsip yang tertib, transformasi digital dalam pengarsipan, dan penyelenggaraan SPBE dapat tercapai dengan baik. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page