top of page

Kalteng Expo 2023; BPBPK Kalteng Pamerkan Sarpras Penanggulangan Bencana



Kalteng Network, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng turut serta pada kegiatan Kalteng Expo 2023 bertempat di Arena Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, Rabu (17/5/2023).


“Dalam Stand Kalteng Expo 2023 ini, kami menampilkan gambaran terkait empat bidang yang ada di struktur organisasi BPBPK Prov. Kalteng dalam pelaksanaan penanggulangan bencana, salah satu bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yakni Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan dan Logistik, Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi dan Bidang Kebakaran dan Pengendalian Operasi, yang mana keempat bidang ini saling berkaitan dalam menanggulangi bencana," ucap Plt. Kalaksa BPBPK Prov. Kalteng Ahmad Toyib.


Lebih lanjut Ahmad Toyib menuturkan bahwa sarana prasarana (sarpras) yang ditampilkan berupa peralatan pada saat terjadi bencana banjir, karhutla dan kebakaran gedung atau rumah. Sarana prasarana peralatan ini yakni mesin pompa apung, flexible tank ukuran 3 x 3 meter, genset tower light (lampu suar), mesin pompa busa, Alat Pelindung Diri (APD) baju damkar (safety), APD pemadam kebakaran, perahu karet polyethylene dan peralatan Search And Rescue (SAR) air dan peralatan lainnya yang dimiliki oleh BPBPK Prov. Kalteng.


Edukasi SAR air tehadap pengunjung


“Ini sangat baik diperkenalkan kepada masyarakat sebagai sarana edukasi terutama bagi para pelajar sebagai pengenalan dini, sehingga pada akhirnya membentuk suatu budaya Siap Untuk Selamat, dan mengutamakan upaya-upaya pencegahan saat terjadinya bencana, karena lebih baik mencegah daripada menanggulangi, dan adaptasi menuju masyarakat tanggap tangkas dan tangguh akan bencana,“ katanya.


“BPBPK Prov. Kalteng dalam Kalteng Expo 2023 ini mengambil tema Kalteng Tangguh Bencana 2023, dengan memperkuat bidang pencegahan dan kesiapsiagaan, siap untuk selamat, mencegah lebih baik dari menanggulangi; bidang kedaruratan dan logistik, tanggap tangkas tangguh; bidang rehabilitasi dan rekontruksi, build back better and safer; dan bidang pemadam kebakaran dan pengendalian operasi, pantang pulang sebelum padam," lanjutnya.

Kalteng Expo merupakan event memperingati Hari Jadi Prov. Kalteng yang ke-66, yang menampilkan profil Pemprov. Kalteng secara lengkap dengan unsur Perangkat Daerah dari Provinsi, Kabupaten/Kota dan penggiat UMKM. -red

Komentarze


bottom of page