top of page

Kalteng Expo 2024: Sukses! UMKM Berkembang, Ekonomi Kalteng Maju!


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Podcast yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah kembali mengudara pada Minggu (12/5/2024) sore di stand Kalteng Expo, Arena Pameran Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya.


Podcast kali ini mengangkat tema "Kalteng Expo Sebagai Inovasi, Kolaborasi, dan Pertumbuhan Berkelanjutan Bagi UMKM," dengan menghadirkan Pipit A. Ningrum, Penyuluh Perindag Ahli Madya dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah sebagai narasumber.


Pipit menjelaskan bahwa Kalteng Expo tahun ini berfungsi sebagai sarana promosi bagi pelaku usaha di Kalimantan Tengah serta sebagai wadah pertukaran informasi antar pelaku usaha. Selain itu, terdapat inovasi baru pada Kalteng Expo tahun ini, yaitu adanya Job Fair yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Tengah dan berlangsung selama lima hari selama Kalteng Expo.


Lebih lanjut, Pipit menjelaskan adanya klinik konsultasi IKM yang buka setiap hari pada jam kerja. Disdagperin Provinsi Kalteng memberikan pendampingan, fasilitas, dan bantuan dalam pembuatan logo usaha bagi pelaku UMKM, baik yang sudah terdaftar maupun yang belum.


Disdagperin juga memiliki program pendampingan pendaftaran sertifikasi halal bagi pelaku usaha pangan serta pendampingan bagi pelaku IKM yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri. Pipit menegaskan bahwa program pendampingan ini tidak hanya dilakukan pada event tertentu, tetapi berkelanjutan sesuai dengan visi dan misi Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Provinsi Kalimantan Tengah.


“Kami mendampingi bukan hanya saat event atau momen tertentu, tetapi terus menerus sesuai dengan visi misi Dinas dan Kalimantan Tengah untuk mewujudkan Kalimantan Tengah yang semakin berkah,” ujarnya.


Pipit juga menyebutkan bahwa Disdagperin selalu mendukung pelaku IKM dan UMKM untuk terus berinovasi, karena pasar selalu berkembang dan selera pasar berubah setiap tahun. Pelaku IKM dan UMKM harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk mereka.


Setelah Kalteng Expo selesai, Disdagperin akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan tanpa henti. Jika ada masalah yang dihadapi IKM, Disdagperin siap menerima konsultasi atau curhatan selama jam kerja atau melalui pesan WhatsApp.

Disdagperin juga berharap agar pelaku usaha dapat menurunkan ego dan mau bekerja sama membentuk kelompok usaha, karena pembentukan kelompok diperlukan untuk mendapatkan fasilitas dari Disdagperin. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page