top of page

Kalteng Gemilang! Juara Umum Jambore PKK & Dekranas, Bukti Komitmen dan Kerja Keras


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil meraih Juara Umum dalam Jambore Nasional Kader PKK 2024 pada acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52, yang diadakan di Taman Balekambang Solo, Kamis malam (16/5/2024).


Pada acara tersebut, Tri Suswati Tito Karnavian, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, menyerahkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta dan trofi kepada Anitha Nuryakin, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan Tim Penggerak PKK Kalteng.


Kalteng juga memenangkan beberapa lomba, termasuk Juara I Lomba Defile Parade Nusantara, Juara I Lomba Cerdas Cermat, serta penghargaan untuk Kategori Pilot Project Gelari Pelangi, yang diterima oleh Linae Victoria Aden, Kepala DP3APPKB, dan Endang Sri Estimurti, Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga.


Dengan berbagai prestasi tersebut, Kalimantan Tengah dinobatkan sebagai Juara Umum pada Puncak Peringatan HKG PKK Ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024.


Ketua TP. PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran, menyampaikan rasa bangga dan haru atas pencapaian tersebut. Ia menekankan bahwa prestasi ini adalah hasil dari komitmen dan usaha dalam memberdayakan PKK untuk kesejahteraan masyarakat. Ia juga menambahkan bahwa PKK berperan sebagai mitra pemerintah dalam menangani isu-isu strategis nasional seperti stunting dan inflasi, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.


Selain itu, Kalteng juga mendapat penghargaan untuk Kategori Wanita yang Berjasa di Bidang Sosial Budaya, yang diterima oleh Widya Kumala Wati dan diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Acara ini juga dihadiri oleh istri Wakil Presiden RI, Wury Maaruf Amin, serta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).


Pada Puncak Peringatan HKG PKK Ke-52, penghargaan pin emas Adi Bhakti Utama diberikan kepada Kader PKK yang telah mengabdi lebih dari 25 tahun. Penghargaan juga diberikan kepada wanita yang berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.


Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat atas peringatan HKG PKK Ke-52. Tri Tito Karnavian, Ketua Umum TP PKK, menyatakan kebanggaannya atas kehadiran Ibu Negara dan Istri Wakil Presiden yang merupakan pelindung PKK, serta melaporkan bahwa acara tersebut dihadiri oleh 8.083 kader PKK dari 38 provinsi di Indonesia.


Selain itu, Kalteng juga meraih juara dalam Peringatan HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo. Kabupaten Barito Timur (Bartim) meraih Juara 2 Lomba Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Dekranas 2024. Trofi penghargaan diserahkan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin.


Secara keseluruhan, prestasi ini menunjukkan komitmen dan kerja keras Kalteng dalam berbagai bidang, dari pemberdayaan kader PKK hingga partisipasi dalam kegiatan kerajinan nasional. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page