top of page

Kalteng Ramadhan Festival 1445 H: Siap Meriahkan Bulan Suci dengan Lomba dan Pasar Tradisional


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin, memimpin pengecekan terakhir untuk Festival Ramadhan 1445 H, yang diadakan di Ruang Rapat Bajakah Lantai II Kantor Gubernur Kalteng pada Jumat (8/3/2024).


Dalam rapat tersebut, Sekda Nuryakin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan untuk mendukung acara Kalteng Ramadhan Festival 1445 H, yang akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 Ramadhan. Dia menekankan pentingnya memastikan kesiapan dari berbagai aspek, termasuk seksi acara, tempat lomba, dan kegiatan lain yang mendukung.


Koordinator seksi perlengkapan, Kadis PUPR Provinsi Kalteng, Salahuddin, mempertimbangkan ulang lokasi panggung hiburan yang semula direncanakan di depan Betang Mandala Wisata. Menurutnya, akan lebih strategis jika panggung dipindahkan ke daerah Dinas Pendidikan agar lebih terlihat oleh masyarakat di Bundaran Besar.


Adiah Chandra Sari, Kadisbupar Provinsi Kalteng, menjelaskan bahwa telah disepakati untuk menempatkan panggung di depan Betang Mandala Wisata, sementara tempat pembukaan festival sudah disiapkan dengan tenda.


Koordinator seksi pasar, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani, melaporkan bahwa telah disiapkan meja untuk 75 pelaku usaha, dengan 18 pelaku usaha masakan siap saji, 27 penjual kue, 9 penjual minuman, dan 10 pelaku usaha griya. Tenda juga disediakan untuk 6 OPD dan Koperasi Betang Tani Tabela di halaman Dinas Pendidikan. Selain itu, beberapa organisasi seperti PKK, Dekranasda, Dharma Wanita, dan DAD juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut.


Sementara itu, seksi acara menginformasikan bahwa festival ini akan menyelenggarakan beberapa lomba di halaman Betang Mandala Wisata, termasuk lomba Adzan, Dai Cilik, Fashion Show Busana Muslim, Habsyi, Vocal Solo Qasidah, dan Bagarakan Sahur. Hadiah untuk lomba-lomba tersebut telah dikonfirmasi, dengan berbagai sponsor seperti Bank Kalteng, OJK, dan Bank Indonesia.


Pendekatan dalam melaporkan kegiatan ini terlihat profesional dan tertata dengan baik. Seluruh aspek festival dipertimbangkan dengan matang, termasuk lokasi, persiapan pasar, partisipasi organisasi, dan lomba-lomba yang akan diadakan. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari pihak terkait dalam memastikan suksesnya Kalteng Ramadhan Festival 1445 H. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page