top of page

Kalteng Siap Kembangkan Potensi, Kejaksaan Tinggi Dukung Penegakan Hukum



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo, menghadiri peresmian Gedung Kantor Kejaksaan Tinggi Kalteng yang berlokasi di Aula Kejaksaan Tinggi Kalteng, Jalan Imam Bonjol No. 10, Palangka Raya, pada Kamis (16/5/2024). Peresmian gedung ini dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Undang Mugopal.


Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Edy Pratowo menyatakan bahwa pembangunan atau renovasi Gedung Kejaksaan Tinggi ini didanai melalui APBD Provinsi Kalteng. Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi terhadap pengaturan bangunan dan lingkungan perkantoran di kawasan strategis Kalteng. Gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kinerja Kejaksaan Tinggi yang memiliki peran penting dalam penegakan hukum dan pengawalan program pembangunan di Bumi Tambun Bungai.


Edy Pratowo juga berharap peresmian ini dapat memperkuat semangat jajaran Kejaksaan Tinggi untuk terus meningkatkan kerjasama dan sinergi dalam membangun kemajuan Kalteng. "Seperti kita ketahui, Kalimantan Tengah adalah provinsi terluas di Indonesia dengan potensi sumber daya alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Kita berharap dapat mengelola potensi ini secara optimal dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng terus berupaya mendorong pembangunan di berbagai bidang, terutama infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian melalui hilirisasi dan ketahanan pangan.


Gedung baru Kejaksaan Tinggi Kalteng ini dibangun dengan anggaran total Rp 65.813.184.180,- yang sepenuhnya berasal dari APBD Provinsi Kalteng. Pembangunan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng saat itu, Pathor Rahman, pada 7 Oktober 2022.


Bangunan ini memiliki lima lantai dengan luas masing-masing sekitar 1.000 m2 dan selesai pada 31 Desember 2023. Meskipun belum dilengkapi dengan furnitur dan interior, gedung ini sudah dapat digunakan. Untuk penyempurnaan gedung ini, Pemprov Kalteng menganggarkan Rp 20.000.000.000,- dalam APBD 2024 untuk pembuatan pagar kantor, interior, dan sarana lainnya.


Peresmian gedung ini juga dihadiri oleh anggota Forkopimda Provinsi Kalteng, anggota pendukung Forkopimda Kalteng, bupati, penjabat bupati, penjabat wali kota atau perwakilannya, staf ahli gubernur, asisten sekretaris daerah, kepala perangkat daerah, dan pimpinan instansi vertikal di Provinsi Kalteng. -red



Sumber : mmc.kalteng



Comments


bottom of page