top of page

Kalteng Sukses Kendalikan Inflasi! Masuk 10 Provinsi Terbaik Nasional


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Daerah bersama Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, secara virtual pada hari Senin (29/4/2024).


Dalam Rakor tersebut, Mendagri Tito menyampaikan bahwa harga beras mulai menurun karena panen di beberapa daerah, sehingga meningkatkan pasokan. Namun, harga daging ayam ras dan telur ayam ras naik akibat kenaikan harga jagung. Tito juga menyebut beberapa daerah mengalami kenaikan harga bawang merah dan cabai.


Meskipun inflasi nasional pada Maret 2024 mencapai 3,05% (y-o-y) dan lebih tinggi dari Februari (2,75% y-o-y), angka tersebut masih terkendali. Tito mengingatkan agar tidak lengah karena tren inflasi menunjukkan kenaikan yang cukup tajam.


Sementara itu, Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti memaparkan bahwa secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu keempat April meningkat dibandingkan minggu sebelumnya. Kenaikan harga komoditas seperti bawang merah (27,84%), bawang putih (4,90%), dan gula pasir masih terjadi hingga minggu keempat April dibandingkan Maret 2024. Namun, harga beras secara nasional terus mengalami penurunan pada periode yang sama.


Usai Rakor, Yuas Elko mengapresiasi tren penurunan inflasi di Kalteng. Ia bangga karena inflasi Kalteng turun dan masuk dalam 10 provinsi terendah pada Maret 2024 dengan angka 2,72% (y-o-y). -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page