top of page

Katingan Diberikan Peringkat C Minus Dalam Kinerja Penilaian Publik


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI pada tahun 2023, menempatkan Kabupaten Katingan pada kategori C minus (-) untuk kinerja pelayanan publik dengan nilai 2,49.


"Kita perlu bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan melalui forum konsultasi publik," kata Yosefa dalam sambutannya saat melaporkan kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kantor Bappedalitbang setempat, Selasa (24/9/2024).


Yosefa mengungkapkan pentingnya pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik sebagai indikator kinerja utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik.


"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, penyelenggaraan survei kepuasan masyarakat dan forum konsultasi publik akan semakin luas, tidak hanya dilakukan oleh beberapa OPD, namun oleh semua perangkat daerah," ujarnya.


Di tempat yang sama, Pj Bupati Katingan Sutoyo diwakili oleh Asisten III Evie Silvia Baboe menyampaikan harapan besar dari pemerintah daerah setempat, dimana pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik dapat menjadi tolak ukur peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Katingan.


Ditekankan, survei kepuasan masyarakat bukan sekadar formalitas, namun menjadi bagian penting dari evaluasi kinerja seluruh perangkat daerah. "Ini adalah salah satu alat yang memungkinkan kita untuk memahami sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap layanan yang kita berikan. Kami harap melalui forum ini, kita bisa lebih mendengar dan memahami kebutuhan masyarakat sehingga kualitas pelayanan publik kita bisa terus ditingkatkan," tegas Evie.


Evie juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung keberhasilan pembangunan di Kabupaten Katingan. "Forum Konsultasi Publik adalah salah satu mekanisme untuk lebih memberdayakan masyarakat, agar mereka terlibat aktif dalam pengambilan keputusan yang berpengaruh langsung pada mereka," lugas dia. -red

Comentários


bottom of page