top of page

Kecerdasan Anak, Ilmu Buktikan Peran Penting Kromosom X Ibu


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Kecerdasan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari genetika hingga lingkungan. Para peneliti sepakat bahwa perkembangan otak dan kemampuan kognitif anak dipengaruhi oleh kedua faktor ini, di mana genetika memberikan kapasitas intelektual, sementara lingkungan menentukan seberapa optimal potensi tersebut dimanfaatkan.


Lalu, gen dari siapa yang berperan besar dalam mewariskan kecerdasan pada anak? Penelitian menunjukkan bahwa ibu memainkan peran penting dalam hal ini, seperti yang diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Psychology Spot.


Studi ini melibatkan wawancara dengan 12.686 remaja berusia 14 hingga 22 tahun, yang ditanyai tentang berbagai faktor seperti ras, tingkat pendidikan, status sosial ekonomi, serta pertanyaan serupa yang juga diajukan kepada ibu mereka.


Para peneliti menemukan bahwa wanita cenderung mewariskan gen kecerdasan kepada anak-anak mereka melalui kromosom X. Karena wanita memiliki dua kromosom X, sementara pria hanya memiliki satu, wanita memiliki peluang dua kali lebih besar untuk mewariskan kecerdasan kepada anak dibandingkan pria.


Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa ayah mewariskan serangkaian sifat lain, seperti intuisi dan emosi, yang juga berperan dalam mengembangkan kecerdasan anak.


"Jika gen yang sama diwarisi dari ayah, gen tersebut akan dinonaktifkan. Sebaliknya, ada gen lain yang hanya aktif jika diwarisi dari ayah," demikian hasil penelitian dari Psychology Spot.


Secara keseluruhan, baik gen ibu maupun ayah berperan dalam menurunkan kecerdasan, meskipun ibu memiliki potensi yang lebih tinggi dalam mewariskan kecerdasan, tanpa mengesampingkan peran pengasuhan dari keduanya. -red




Foto: Pexels

Comments


bottom of page