top of page

Kehangatan Pertemuan Jokowi dan Paus Fransiskus di Istana Merdeka


KALTENG NETWORK, JAKARTA - Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, tiba di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (4/9/2024) untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintah.


Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pukul 09.40 WIB, menggunakan SUV berpelat nomor SCV 1 dan duduk di samping pengemudi. Sesampainya di Istana, Paus yang menggunakan kursi roda langsung disambut Presiden Jokowi. Keduanya bersalaman dengan hangat sebelum berjalan masuk ke Istana Merdeka. Lagu kebangsaan kedua negara pun dikumandangkan.


Beberapa menteri turut mendampingi Presiden Jokowi, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Yaqut Cholil Staquf, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


Di dalam Istana Negara, sejumlah tamu undangan juga sudah hadir, termasuk Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Duta Besar Britania Raya Dominic Jermey, Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani, dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, serta beberapa anggota DPR seperti Hendrawan Supratikno, Trimedya Pandjaitan, Dave Laksono, Charles Honoris, dan Christina Aryani juga tampak hadir.


Sebelum memasuki Istana Merdeka, Paus Fransiskus menyempatkan diri untuk menyalami masyarakat yang antusias menyambut kedatangannya, termasuk anak-anak yang berbusana adat dari berbagai daerah di Indonesia. Hingga berita ini ditulis, pertemuan antara Jokowi dan Paus Fransiskus masih berlangsung. -red



Comments


bottom of page