top of page

Kenaikan Signifikan Bahan Makanan Pokok


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Harga bahan makanan pokok dan strategis kembali mengalami kenaikan signifikan pada hari Jumat (16/2/2024). Bahkan, harga beras, baik jenis premium maupun medium, kembali mencatatkan peningkatan dan mencetak rekor baru.


Harga beras premium hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp40 menjadi Rp15.940 per kilogram. Pada satu minggu sebelumnya, tepatnya pada 9 Februari 2024, harga beras premium masih berada di angka Rp15.530 per kilogram. Sementara itu, harga beras medium juga mengalami kenaikan sebesar Rp20 menjadi Rp13.970 per kilogram. Pada minggu sebelumnya, harga beras medium berada di kisaran Rp13.600 per kilogram.


Data harga tersebut merupakan rata-rata harian nasional yang dikumpulkan dari pedagang eceran, yang dikutip oleh Panel Harga Badan Pangan pada pukul 14.25 WIB.


Selain harga beras, beberapa bahan makanan lainnya juga mengalami kenaikan harga yang signifikan. Misalnya, harga bawang merah naik sebesar Rp330 menjadi Rp33.250 per kilogram, harga cabai merah keriting melonjak hingga Rp2.150 per kilogram menjadi Rp58.160, dan harga telur ayam ras naik sebesar Rp170 menjadi Rp28.830 per kilogram.


Peningkatan harga bahan makanan pokok ini dapat berdampak pada daya beli masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Kenaikan harga dapat menyulitkan akses masyarakat terhadap pangan yang cukup dan bergizi. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan langkah konkret dari pemerintah untuk mengendalikan inflasi serta menjaga stabilitas harga bahan makanan pokok agar tetap terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. -red

コメント


bottom of page