top of page

Ketua DPRD Seruyan : edukasi petani saat musim kemarau


(Foto: AntaraKalteng)


KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Ketua DPRD Seruyan, Surian Juli Eko Prasetyo meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Seruyan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada petani saat menghadapi kemarau panjang. Menurut Eko saat ini mayoritas petani di Seruyan menanam padi. Namun, adanya Elnino menyebabkan masa tanam padi periode Oktober-Maret mengalami keterlambatan karena lahan yang dimiliki petani mengalami kekeringan.


Elnino merupakan fenomena perubahan iklim secara global yang disebabkan oleh memanasnya suhu permukaan air laut pasifik bagian timur. Fenomena ini dapat berpengaruh terhadap berkurangnya curah hujan dan akan terjadi kemarau panjang. Dampak ini akan memicu masalah lain khususnya dibagian sektor pertanian seperti gagal panen dan melemahnya ketahanan pangan.


“Pembelajaran kepada para petani, agar tidak harus padi yang ditanam, karena BMKG sudah memprediksi kemarau panjangan, agar para petani tetap terus bertani dan menghasilkan nilai ekonomi” Ujar Eko.


Dinas Pertanian diharapkan membantu petani untuk meminimalisasi gagal panen saat musim tanam melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi pertanian. Eko berharap kalau memang resiko gagal panen tinggi lebih baik ditanam tanaman pangan lainnya sehingga petani bisa tetap bekerja dan beraktivitas. -red


Comments


bottom of page