top of page

Ketua TP-PKK Kalteng Buka Pasar Penyeimbang di Kotawaringin Barat



Pangkalan Bun, Kalteng Network - Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran bersama jajaran dari Pemprov Kalteng meninjau sekaligus membuka secara resmi pasar penyeimbang yang digelar di Masjid Nurul Syajaroh, Pasar Korindo, Keluarahan Mendawai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (13/4/2023).


Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan pada saat menjelang hari raya harga bahan pokok mengalami kenaikan harga.

“Maka dari itu, Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran beserta jajaran hadir untuk menyelenggarakan pasar penyeimbang supaya bapak/ibu bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau dan murah”, tuturnya.


Ivo menuturkan bahwa satu paket bahan pokok yang dijual di pasar penyeimbang ini dbandrol dengan harga 20 ribu saja, karena Gubernur Kalteng mensubsidi paket bahan pokok tersebut.

“Satu paket bahak pokok yang dijual ini seharga Rp.150 ribu di pasar tetapi pada hari ini bapak Gubernur mensubsidi paket bahan pokok tersebut sebesar Rp.130 ribu sehingga bapak/ibu sekalian hanya membayar sebesar Rp.20 ribu saja. Mudah-mudahan ini bisa membantu bapak/ibu sekalian untuk tetap bisa membeli bahan pokok menjelang Hari Raya”, imbuhnya.


Pasar penyeimbang wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat di 7 titik lokasi yakni Masjid Nurul Syajaroh, Aula Kelurahan Mendawai Seberang, Balai Desa Raja Seberang, Kantor Kelurahan Baru, Masjid Simpang Kubu, Kantor Kelurahan Kumai Hilir dan Masjid Darul Husta Kumai Hulu.

Untuk di Kabupaten Kotawaringin Barat disediakan sebanyak 6.000 paket tersebar di 7 titik lokasi. Masing-masing paket berisi beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 L, susu kental manis 1 klg dan sarden 1 klg.


Pasar penyeimbang ini digelar rutin oleh Pemprov Kalteng setiap minggu di kabupaten/kota. Untuk minggu ini, digelar di wilayah barat yakni di mulai dengan Kabupaten Kotawaringin Barat, selanjutnya Lamandau, Sukamara, Seruyan dan Kotawaringin Barat.

Turut hadir Asisten Setda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, para tamu undangan serta masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat.


Warga sangat antusias diadakannya pasar penyeimbang atau pasar murah. Bahkan warga meminta kalau bisa pasar penyeimbang ini dilaksanakan rutin, khususnya saat hari-hari besar di wilayahnya.


Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Gubernur Kalteng juga menginisiasi pengobatan massal gratis yang dibuka bersamaan dengan pasar penyeimbang. -red

Comentários


bottom of page