top of page

Kolaborasi Pemerintah dan Pengusaha, Dorong Pertumbuhan UMKM di Kalimantan Tengah


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng), Sri Widanarni, turut menghadiri acara Business Gathering yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kalteng bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalteng dan Bank Kalteng. Acara tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya pada Jumat (1/3/2024).


Sri Widanarni dari Setda Prov. Kalteng menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat terus berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kehadiran lembaga seperti KADIN Kalteng, HIPMI Kalteng, Bank Kalteng, serta lembaga perbankan lainnya dianggap sangat penting untuk mendorong pertumbuhan UMKM.


Menurut Sri, peran UMKM tidak bisa dianggap remeh dalam pembangunan ekonomi nasional karena selain berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan.


"Kolaborasi dari berbagai pihak sangat diperlukan agar UMKM di Kalimantan Tengah dapat terus berkembang," ujar Sri.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum KADIN Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, mengapresiasi antusiasme para pelaku UMKM dan pengusaha yang turut hadir dalam Business Gathering. Ia berharap antusiasme tersebut dapat didukung oleh Bank Kalteng melalui penyediaan akses permodalan yang mampu menggerakkan perekonomian di Provinsi Kalimantan Tengah.


Business Gathering ini juga dihadiri oleh narasumber dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Kalteng. Tampak pula kehadiran unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perwakilan BI Kalteng Taufik Saleh, Komisaris Independen Jamkrida Kalteng Oscar Viyarisa, perwakilan HIPMI Kalteng, Ketua KADIN dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, serta para pengusaha dari seluruh Kalimantan Tengah.


pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, organisasi bisnis, dan lembaga keuangan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan mendorong perekonomian di Provinsi Kalimantan Tengah. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page