top of page

Kolaborasi RSJKA dan Poltekkes Palangka Raya, Maksimalkan Kompetensi Mahasiswa Keperawatan Jiwa


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei dan Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Palangka Raya telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) di Aula Gaharu RSJ Kalawa Atei pada Rabu (7/2/2024). Kerjasama ini meliputi praktik klinik mahasiswa, penelitian, pengabdian masyarakat, dan penggunaan lulusan.


Direktur RSJ Kalawa Atei, Seniriaty, dan Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Mars Khendra Kusfriyadi, bertanggung jawab atas penandatanganan PKS tersebut. Selain itu, dilakukan juga serah terima 17 mahasiswa Poltekkes yang akan melakukan Praktik Klinis di RSJ Kalawa Atei, dimulai dengan tahapan Orientasi.


Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memfasilitasi peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian mahasiswa dalam memberikan asuhan kepada pasien di rumah sakit sesuai dengan etika keilmuan serta mencapai kompetensi kurikulum yang berlaku. Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan, penelitian, pelatihan, dan pengalaman praktik bagi mahasiswa guna meningkatkan mutu lulusan.


Direktur RSJ Kalawa Atei, Seniriaty, menyatakan pentingnya kegiatan ini untuk memberikan bekal dan tambahan ilmu keperawatan jiwa kepada mahasiswa yang melakukan praktik klinik di RSJ Kalawa Atei, baik dalam aspek teori maupun praktik. Dia juga berharap agar mahasiswa dapat mengasah keterampilan mereka dalam bidang keperawatan jiwa sehingga dapat menjadi tenaga profesional yang mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dalam bidang kesehatan.


Selain itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Mars Khendra Kusfriyadi, berharap bahwa melalui kegiatan orientasi ini, mahasiswa dapat memperoleh pendidikan awal sebelum melakukan praktik klinis di RSJ Kalawa Atei. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menerapkan pengetahuan dasar dan pokok yang mereka kuasai sebelum memberikan pelayanan langsung kepada pasien.


Kerjasama yang terjalin diharapkan dapat berlanjut dan memberikan manfaat kepada semua pihak yang terlibat. Kehadiran Jajaran Manajemen RSJ Kalawa Atei dan Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Palangka Raya serta stafnya menjadi bukti komitmen dari kedua belah pihak dalam mendukung kerjasama ini. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comentarios


bottom of page