top of page

Komitmen Bersama Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Buruh Kalteng



KALTENG NETWORK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Dialog Sosial dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau Mayday Tahun 2024.


Acara ini digelar di Aula Barito Hotel Grand Global pada Rabu (1/5/2024) dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi serikat pekerja/buruh, organisasi pengusaha di Kalteng, serta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) KetenagaKerjaan dan BPJS Kesehatan.


Kepala Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, Farid Wajdi, membuka acara ini dan menyampaikan pentingnya menjaga hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan.


Farid menegaskan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional harus menjadi wadah bagi pemerintah, pengusaha, serta serikat pekerja dan buruh untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan dengan memperkuat komitmen dalam menciptakan hubungan yang adil dan harmonis. Dialog sosial ini, menurutnya, menjadi kesempatan untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pekerja/buruh di Kalimantan Tengah, sesuai dengan tema "Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten".


Lebih lanjut, Farid menyampaikan bahwa hubungan antara pengusaha dan pekerja/buruh adalah saling membutuhkan. Oleh karena itu, kedua belah pihak harus saling mendukung dan mematuhi hak serta kewajiban masing-masing. Pentingnya komunikasi dalam dialog sosial antara kedua belah pihak agar terjalin rasa kebersamaan dan saling menghargai, sehingga setiap permasalahan dapat diselesaikan melalui musyawarah dan mufakat.


Acara dialog sosial ini sangat penting dalam memperkuat hubungan antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja/buruh dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Dengan komunikasi yang baik, diharapkan dapat tercapai solusi-solusi yang bermanfaat bagi semua pihak dan meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh di Kalimantan Tengah. -red


Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk pejabat eselon III dan IV, pejabat fungsional Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah, serta berbagai serikat pekerja/buruh dan organisasi pengusaha. Keberadaan mereka dalam acara ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kondisi ketenagakerjaan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik di Kalimantan Tengah.




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page