top of page

Konflik Perusahaan dan Masyarakat Sering Terjadi, Apa Penyebabnya?


Palangka Raya, Kalteng Network - Konflik antar perusahaan dan masyarakat masih sering terjadi hingga saat ini. Anggota DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengatakan bahwa setiap perusahaan wajib memperhatikan masyarakat di sekitarnya untuk menghindari konflik.

Menurutnya, konflik terjadi dikarenakan tidak adanya kerja sama yang baik dari pihak perusahaan besar swasta dengan masyarakat termasuk dalam memenuhi hak yang sudah seharusnya direalisasi seperti memberikan plasma.


“Setiap perusahaan sektor pertambangan maupun perkebunan harus memperhatikan masyarakat khususnya yang ada di wilayah operasionalnya. Berikan hak mereka sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, konflik akan dapat dihindari” ucapnya, Rabu (26/4/2023).

Perusahaan yang beroperasi di perovinsi ini sudah seharusnya memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan aturan yang berlaku. Karena izizn diberikan untuk membantu pemerintah agar sejahterakan masyarakat.


“Paling penting itu adalah pemberdayaan masyarakat sekitar terutama lokal. Itu akan mengurangi angka pengangguran hingga tercipta kesejahteraan,” ucapnya.

Ina berharap, untuk wilayah Provinsi Kalteng ke depan tidak ada lagi terjadi konflik antar perusahaan dan masyarakatseperti yang sering terjadi selama ini. Apa yang sudah menjadi kewajiban harus dapat dipenuhi dengan baik.


“Kita meminta kepada pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota apabila ada perusahaan yang nakal tidak memenuhi hak masyarakat supaya ditindaklanjuti, bila perlu berikan sanksi berat,” pungkasnya. -red

Comments


bottom of page