top of page

Konsumsi Nasi Dingin sebagai Pilihan Aman bagi Penderita Diabetes



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Nasi merupakan makanan pokok di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dengan banyak orang memiliki keyakinan bahwa makan belum lengkap tanpa nasi. Meskipun sepiring nasi hangat dengan lauk pauk dapat menggugah selera, namun ada pandangan bahwa nasi hangat dapat berbahaya bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.


Menurut informasi dari Health, satu cangkir nasi putih mengandung lebih dari 200 kalori, 4 gram protein, 44 gram karbohidrat, dan kurang dari satu gram serat. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology pada 2016 menemukan bahwa nasi putih juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, mangan, selenium, zat besi, asam folat, thiamin, dan niacin.


Namun, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Diabetes Care pada 2020 menyatakan bahwa tingkat konsumsi nasi putih yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes. Meskipun demikian, ada cara penyajian nasi putih yang lebih aman untuk kadar gula darah.


Studi yang dilaporkan oleh Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi nasi yang telah didinginkan selama 24 jam dan dipanaskan kembali dapat menghasilkan respons gula darah yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi panas yang baru dimasak. Para peneliti menyarankan bahwa manfaat serupa juga dapat diperoleh dengan mendinginkan nasi di suhu ruang sebelum dikonsumsi.


Selain itu, penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed Central menunjukkan bahwa nasi yang telah didinginkan memiliki kandungan zat pati resisten yang tinggi, menjadikannya pilihan yang lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain memberikan manfaat pada kadar gula darah, nasi dingin juga memiliki penurunan kalori sebesar 50 hingga 60 persen, membuatnya menjadi opsi lebih baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.


Dengan demikian, dari segi kesehatan, nasi yang telah didinginkan atau dijaga di suhu ruang dinilai lebih aman, terutama bagi penderita diabetes. -red



Sumber Foto : Pexels

Comments


bottom of page