top of page

Kontroversi Langkah Politik : Mahfud MD Berencana Mundur, Gibran Rakabuming Raka Pilih Cuti sebagai Wali Kota Solo


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mengungkapkan keinginannya untuk mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo. Namun, pertanyaan muncul apakah Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, juga akan melakukan langkah serupa dengan mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo.


Gibran menegaskan bahwa dia tidak akan mengundurkan diri sebagai Wali Kota Solo. Sebagai alternatif, Gibran memilih untuk mengambil cuti, berbeda dengan Mahfud MD yang memilih opsi pengunduran diri. Pernyataan ini disampaikan oleh Gibran usai menghadiri acara Gimmick Gibran di Denpasar, Bali, pada Jumat (26/1/2024) malam.


"Dalam konteks Wali Kota Solo, saya tidak akan mundur, saya hanya akan mengambil cuti saja," ungkap Gibran, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia. Gibran juga menanyakan apakah Mahfud MD telah mengundurkan diri, menunjukkan ketidakjelasan terkait langkah yang akan diambil oleh Mahfud.


Sebelumnya, Mahfud MD secara terbuka menyampaikan rencananya untuk mengundurkan diri dalam acara 'Tabrak Prof!' di Semarang, Selasa malam. Informasi ini muncul seiring dengan spekulasi bahwa pasangannya, calon presiden (capres) nomor urut 2, Ganjar Pranowo, memberikan saran agar Mahfud MD mundur.


"Pada saat yang tepat, saya akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," ujar Mahfud, menunjukkan niatnya untuk memberikan contoh bahwa pejabat negara tidak seharusnya menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye. Namun, hingga saat ini, Mahfud belum melakukan pengunduran diri dengan beberapa alasan yang diutarakan, termasuk ketentuan aturan yang memperbolehkan pejabat tidak harus segera mundur.


Situasi ini menunjukkan perbedaan pendekatan antara Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka terkait tanggapan terhadap isu pengunduran diri dalam konteks jabatan politik mereka. Gibran, dengan tegas, memilih cuti tanpa harus mundur, sementara Mahfud menyampaikan niatnya untuk mengundurkan diri dengan pertimbangan etika dan kepatuhan terhadap aturan. Keputusan ini tentu saja dapat mempengaruhi citra dan pandangan masyarakat terhadap keduanya. -red

Comments


bottom of page