top of page

Kota Bersih dan Indah: Prestasi yang Dihasilkan dari Piala Adipura



Palangka Raya, Kalteng Network - Setelah 26 tahun penantian, Palangka Raya kembali raih piala Adipuradengan kategori Kota Sedang 2022. Piala Adipura tersebutdiserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan KehutananIndonesia di Auditorium Dr. Soedjarwo, JakartaPusat (28/02).


Program Adipura merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan kota berkelanjutan yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.


Indikator penilaian dalam program ini adalah bagaimanasistem pengelolaan sampah dan pemberdayaan masyarakat sehingga menciptakan kota yang bersih dan teduh. Dilansir dari mediacenter.palangkaraya.go.id, Pemko Palangka Raya terus membenahi sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah, mulai dari penghijauan area Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), penambahan alat berat dan penambahan kendaraan pengangkut sampah.


“Meskipun belum maksimal, paling tidak sistem pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya sedikitdemi sedikit mengalamikemajuan dan dinilaitepat,” ujar Wali Kota PalangkaRaya, Fairid Naparin. Melalui penganugerahan Piala Adipura ini, semua pihak patut berbangga hati karena baik itu Pemko maupun masyarakat berperan penting dalam terciptanya kelestarian lingkungan yang bersih dan teduh.


Comments


bottom of page