top of page

KPU Katingan Selenggarakan Rakor Persiapan Daftar Pemilih di Lokasi Khusus

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan penyusunan pemilih di lokasi khusus, Kamis (4/7/2024) malam di OAK Coffe Kasongan (dokumentasi : istimewa)


KALTENG NETWORK, KASONGAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan penyusunan pemilih di lokasi khusus, Kamis (4/7/2024) malam di OAK Coffe Kasongan.


Rakor tersebut merupakan salah satu tahapan dalam proses pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, serta Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2024.


PLH Ketua KPU Kabupaten Katingan, Opi Monita menjelaskan, dalam pelaksanaan pemilihan tidak semua masyarakat Katingan pada kondisi yang mudah untuk memilih, karena kondisi tertentu.


"Kegiatan ini untuk memfasilitasi pemilih yang tidak bisa memilih di tempat asalnya. Dengan demikian warga yang bersangkutan dapat memilih di TPS lokasi khusus," jelas Ovi Monita.


Disebutkan, ada beberapa tempat yang membutuhkan tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi khusus, seperti Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Sakit dan perusahaan perkebunan maupun perusahaan tambang.


"Dalam menentukan TPS lokasi khusus, tahapan awal yaitu pejabat yang berwenang di memberikan data pemilih kepada KPU Katingan, untuk dilakukan penelitian terlebih dahulu sebelum disetujui," imbuh dia.


Di tempat yang sama, Asisten I Setda Katingan, Hariawan mewakili Pj Bupati Katingan, Saiful mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan tentu berkeinginan agar masyarakat dapat menjalankan hak pilihnya dalam pesta demokrasi.


"Upaya KPU ini patut kita apresiasi sebagai langkah penting menyalurkan gak suara masyarakat. Harapan kita bersama membuat Pilkada bisa berjalan dengan aman, nyaman dan damai," kata Hariawan. -red

Comments


bottom of page