top of page

Lab Lingkungan DLH Kalteng Masuk Prioritas Nasional!


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terpilih sebagai laboratorium prioritas nasional yang dibina oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kepala DLH Provinsi Kalteng, Joni Harta, menyatakan bahwa pencapaian ini patut disyukuri, dalam pernyataannya pada Senin (27/5/2024) di Kantor DLH Provinsi Kalteng di Jalan Williem AS No.08 Palangka Raya.


Joni juga menjelaskan bahwa berbagai langkah telah diambil untuk menjadikan Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Kalteng sebagai laboratorium yang terakreditasi. "Semoga dengan fasilitasi dan pelatihan dari KLHK, tujuan ini dapat segera terwujud," ujarnya.


"Dengan status akreditasi yang diperoleh nanti, laboratorium ini akan memberikan jaminan kepada pelanggan, termasuk masyarakat, pelaku usaha, dan instansi pemerintah. Kami berusaha agar laboratorium lingkungan ini dapat berkontribusi dalam penyediaan informasi mengenai kualitas lingkungan hidup dan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalteng," tambahnya.


Menurut Surat Kepala Pusat Standarisasi Instrumen Kualitas Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSIKLH, KLHK) Nomor S.389/PSIKLH/PTIPLML/SET.1.1/B/04/2024, Laboratorium Lingkungan DLH Provinsi Kalteng terpilih sebagai laboratorium prioritas nasional yang akan menerima fasilitas dan pelatihan dari PSIKLH-KLHK. Tujuan dari fasilitasi dan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi laboratorium lingkungan menuju akreditasi.


Lebih lanjut, Joni menyampaikan bahwa pada tahun 2024 ini, hanya ada 12 laboratorium lingkungan daerah yang terpilih sebagai laboratorium prioritas nasional binaan KLHK. "Dua di antaranya berada di Kalimantan Tengah, yaitu laboratorium lingkungan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan laboratorium lingkungan milik Pemerintah Kabupaten Kapuas," tutupnya. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page