top of page

Lomba Inovasi Teknologi Dorong Kreativitas Masyarakat di Kalteng

Updated: May 7


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), H. Nuryakin, telah membuka secara resmi Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan tujuan untuk menggali potensi dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan bidang teknologi, terutama TTG.


TTG merupakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjawab permasalahan mereka, ramah lingkungan, mudah dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat, serta memberikan nilai tambah ekonomi dan lingkungan. Dalam sambutannya, Sekda H. Nuryakin menekankan pentingnya pemanfaatan TTG baik secara individu maupun melalui lembaga Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 23 Tahun 2017.


Beliau juga berbagi pengalaman tentang kemajuan China/Tiongkok, menekankan bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses dan kerja keras. Lomba Inovasi Teknologi ini bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat, terutama di wilayah pedesaan, untuk menghasilkan teknologi yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.


Nuryakin menekankan perlunya keselarasan antara inovasi dengan potensi wilayah agar hasilnya dapat bermanfaat secara optimal, berkelanjutan, dan profesional. Beliau juga berharap bahwa lomba ini akan menjadi katalisator bagi pengembangan dan pemantapan hasil inovasi dalam peningkatan penggunaan TTG.


Peserta lomba diingatkan akan pentingnya komitmen dalam memberdayakan masyarakat melalui inovasi alat maupun proses, terutama dalam pengelolaan sumber daya alam desa.


Kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendorong inovasi dan kreativitas di masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Dengan adanya lomba ini, diharapkan akan muncul solusi-solusi teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta pembangunan daerah secara keseluruhan.


Acara pembukaan lomba dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng Etty Aprilya, Dewan Juri Lomba Inovasi TTG, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota se-Kalteng atau yang mewakili. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page