top of page

Lomba Karya Tulis Sejarah, Kadisbudpar Adiah Chandra Sari: Perkaya Literasi


Foto : MMC Kalteng


Kalteng Network, Palangka Raya - "Jasmerah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah" merupakan salah satu kutipan terkenal dari bapak proklamator Indonesia, Insinyur Sukarno. Hal ini rupanya diwujudnyatakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah yang belum lama ini menggelar kompetisi karya tulis sejarah tingkat SMA dan perguruan tinggi.


Pelaksanaan lomba ini telah dimulai dari tahap pengumpulan karya tulis tanggal 10 Mei - 30 Juni 2023. Dilanjutkan dengan tahap penilaian Juri mulai tgl 1 - 30 Juli 2023. Total jumlah Karya Tulis Sejarah yang diterima panitia berjumlah 74 karya tulis, terdiri dari 53 karya tulis tingkat SMA/sederajat dan 21 karya tulis tingkat perguruan tinggi.


Pengumuman pemenang dibacakan langsung oleh Hj. Adiah Chandra Sari, Kepala Disbudpar Kalimantan Tengah. Adapun berikut nama-nama pemenang Lomba Karya Tulis Sejarah Tingkat SMA : Juara I diraih oleh peserta dari SMAN 4 Sampit dengan judul karya tulis HM Arsyad Sang Pahlawan Perintis Kemerdekaan Indonesia dari Samuda; Juara 2 diraih oleh peserta dari SMAN 1 Sampit dengan judul karya tulis Peristiwa Kudeta Sampit 29 November 1945; Juara 3 diraih oleh peserta dari SMAN 1 Kapuas Timur dengan judul karya tulis Perjuangan Revolusi Masyarakat Anjir Serapat dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia; Harapan 1 diraih oleh peserta dari SMAN 3 Kota Palangka Raya dengan judul karya tulis George Obos : Semangat dan Perannya dalam Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah; dan Harapan 2 diraih oleh peserta dari SMAN 1 Buntok dengan judul karya tulis Sumpah Perdamaian di antara Suku Dayak.


Selanjutnya, untuk pemenang lomba karya tulis sejarah tingkat Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut : Juara 1 diraih oleh peserta dari Universitas Palangka Raya dengan judul karya tulis Jejak Sejarah Perjuangan Rakyat Kotawaringin dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia; Juara 2 diraih oleh peserta dari Universitas Terbuka dengan judul karya tulis Mengenang Sejarah di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung Pahlawan Surya Chandra di Anjir Serapat km 10 Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah; Juara 3 diraih oleh peserta dari IAHN Tampung Penyang dengan judul karya tulis Musyawarah Pelajar Kalimantan Tengah se-Jawa Tahun 1960 : Gagasan terhadap Pembangunan Negara dan Provinsi Kalimantan Tengah; Harapan 1 diraih oleh peserta dari Universitas Palangka Raya dengan judul karya tulis Melintasi Masa : George Obos Simbol Semangat Perjuangan Kalimantan Tengah dalam Mengamankan dan Mengawal Kemerdekaan Indonesia; dan Harapan 2 diraih oleh peserta dari STIKES Eka Harap Palangka Raya dengan judul karya tulis Sang Pelayar, Putra Katingan yang Terlupakan Sejarahnya.


"Kedepannya kegiatan seperti ini akan kami adakan kembali agar sejarah di Kalimantan Tengah dapat lebih tergali dan semakin memperkaya literasi kesejarahan bagi masyarakat Kalimantan Tengah," ucap Adiah dalam pidatonya. -red

Comments


bottom of page