top of page

Lukis-lukis di museum Balanga


Foto : MMC Kalteng


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Jangan biarkan kecintaan terhadap budaya Kalimantan Tengah pada generasi muda tergerus oleh perubahan zaman. Selaras dengan hal ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki cara tersendiri. Melalui UPT Museum Balanga, sebuah lomba melukis tingkat SMA sederajat digelar pada Kamis (10/8/2023).


Kegiatan ini adalah salah satu usaha pemerintahuntuk memberikan wawasan dan keterampilan tentang kebudayaan kepada masyarakat utamanya para generasi muda. Selain untuk mengasah keterampilan, puluhan peserta juga mendapatkan pemahaman yang benar tentang implementasi nilai dari sebuah karya seni, seperti yang disampaikan oleh Kepala UPT Museum Balanga, Hartini Titin.


"Dengan adanya lomba melukis, juga dapat memperkaya pengetahuan sejarah dan budaya bagi generasi muda serta memperkuat identitas kedaerahan, nasional dan memperkenalkan kembali budaya Suku Dayak Kalteng kepada generasi penerus bangsa," ucapnya lagi.


Berikut adalah nama-nama pemenang lomba serta asal sekolahnya.

Lomba Melukis Putera

Juara 1 M. Rahman Hakim dari SMAN 2 Palangka Raya

Juara 2 Semmer Janson dari SMAN 2 Palangka Raya

Juara 3 Yoga Irawan dari SMK Swasta YPSBEI


Lomba Melukis Kategori Puteri

Juara 1 Hana dari SMKN 4 Palangka Raya

Juara 2 Cinta Laura dari SMAN 1 Palangka Raya

Juara 3 Halinatus dari SMAN 1 Palangka Raya


Selain lomba melukis, UPT Museum Balanga telah mengadakan lomba Manyipet atau Menyumpit yang kemudian akan ditutup dengan lomba menyauk lauk bertempat di lingkungan UPT Museum Balanga Palangka Raya sebagai salah satu upaya melestarikan budaya Suku Dayak. -red

Comments


bottom of page