top of page

Mabuk Perjalanan? Ini Cara Ampuh Mengatasinya, Patut Dicoba!


Kalteng Network – – Hal paling mengganggu saat bepergian adalah mabuk perjalanan. Banyak orang mengalami mabuk perjalanan saat bepergian naik kendaraan pribadi, bus, kereta, pesawat, atau kapal. Biasanya, orang yang mengalami mabuk perjalanan adalah anak-anak. Namun banyak pula orang dewasa yang masih mengalami mabuk perjalanan.

Meski tidak berbahaya namun mabuk perjalanan bisa menghambat aktivitas dan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Oleh sebab itu, kondisi ini harus ditangani agar tidak lagi mabuk dalam perjalanan.

Saat berada di kendaraan yang sedang melaju, tubuh pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tapi mata dan telinga melihat ke sekitar selama perjalanan. Inilah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran bergerak, tetapi tubuh Anda nyatanya hanya diam.

Lalu, bagi tubuh yang tidak terbiasa ini, otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh. Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh, biasanya sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh Anda keracunan. Sehingga otak akan bereaksi untuk mengeluarkan racun di tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.


Pembaca Cerdas, untuk meminimalisir terjadinya mual, pusing, hingga muntah, coba simak cara mengatasi mabuk perjalanan berikut. Terutama buat kamu yang berencana bepergian jauh.

1. Hirup Minyak Angin atau Aromaterapi

Aroma minyak angin atau aromaterapi akan bantu mengurangi rasa mual dan gak nyaman saat mabuk kendaraan. Agar lebih nikmat, pilihlah aroma minyak esensial favoritmu. Buat rekomendasi, belilah aroma lavender, lemon, atau rempah-rempah. Biar lebih lega, oleskan minyak esensial ke bagian perut, hidung, dan kepala, ya.


2. Makan Permen Mint

Bila mulai mual atau pusing, segeralah konsumsi permen mint. Sensasi segarnya bakal bantu redakan gejala mual dan muntah akibat mabuk perjalanan. Selain itu, aroma dan rasa dari daun mint pun ampuh untuk tenangkan tubuh.


3. Tutup Mata dan Istirahat

Cara mengatasi mabuk perjalanan lainnya adalah memenjamkan mata dan beristirahat sejenak. Bila pergi dengan mobil, bukalah jendela dan hirup udara luar selama beberapa menit. Jika memungkinkan, keluarlah dari mobil dan berjalan-jalanlah sejenak.


4. Ubah Posisi Tubuh

Posisi duduk menghadap belakang umumnya akan buat mabuk perjalanan makin parah. Untuk itu, usahakan ubah posisimu ke arah depan agar keseimbangan tubuh lebih stabil. Cara mengatasi mabuk perjalanan ini akan kurangi gejala mabuk yang dirasakan, mulai dari pusing, perut mual, hingga muntah.


5. Minum Obat Anti Mabuk

Apabila cara mengatasi mabuk perjalanan di atas belum terlalu ampuh, sebaiknya langsung konsumsi obat mabuk perjalanan. Ini bisa ditemukan di apotek atau warung. Silakan pilih dimenhydrinate, scopolamine, atau obat lain yang disarankan. Supaya kinerjanya semakin maksimal, minum obat ini minimal 30 menit sebelum berangkat, ya.

Itulah cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan. Sebelum pergi, pastikan membawa minyak kayu putih, permen mint, dan obat anti mabuk untuk menekan potensi mabuk perjalanan. -red

Comments


bottom of page