top of page

Makna Semboyan Kota dan Kabupaten di Kalimantan Tengah


Kalteng Network - Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terletak di tengah gugus kepulauan Indonesia. Sebagai provinsi terbesar kedua di Indonesia, Provinsi ini menyimpan sejuta pesona. Baik dari alam, flora, fauna, hingga penduduk asli suku Dayak masih kental dengan adat tradisi.

Luas wilayah dari Provinsi Kalimantan Tengah mencapai 153.564,5 km² dengan jumlah penduduk mencapai 2.670,0 ribu jiwa (Hasil SP2020). Dari luas tersebut, Provinsi Kalimantan Tengah terbagi menjadi 14 wilayah administratif berupa 13 kabupaten dan 1 kota.

Wilayah administratif tersebut memiliki ciri khas dan semboyan masing-masing. Menurut KBBI, Semboyan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan atau pegangan hidup.

Berikut ini adalah daftar semboyan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah lengkap dengan makna yang terkandung di dalamnya:


1. Kota Palangka Raya

Keberanian/kemauan membangun Kota Palangka Raya dari suatu daerah hutan, menjadi kota bersemboyan "ISEN MULANG". Dengan modal alam dan tenaga demi kejayaan Negara pada umumnya dan rakyat Kalimantan pada khususnya. Dilengkapi dengan amal, kegiatan, cita-cita dan tekad kepamong prajaan bersemboyan "TUT HANDAYANI untuk membina/membimbing masyarakat kearah kesejahteraan rohaniah dan jasmaniah berpedoman falsafah Negara Pancasila.


2. Kabupaten kotawaringin Barat

Semboyan "Marunting Batu Aji" yang berarti "Menuju Kejayaan". Marunting berarti menuju, sedangkan Batu Aji berarti nama sebuah Bukit batu yang tinggi dan terletak dibagian Utara Daerah Kotawaringin Barat.


3. Kabupaten Pulang Pisau

Motto Kabupaten Pulang Pisau adalah "HANDEP HAPAKAT pada pita berwarna merah putih, artinya adanya persatuan dan kesatuan semua suku, dan warna kulit, dalam falsafah hidup gotong royong, sebagaimana kehidupan suku dayak dalam rumah betang dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


4. Kabupaten Sukamara

semboyan atau motto Kabupaten Sukamara yautu "Gawi Barinjam" yang ada dalam lambang tersebut adalah gambaran persatuan dan kesatuan masyarakat, dan juga suka bekerja sama atau bergotong-royong untuk mencapai tujuan mulia.


5. Kabupaten Kotawaringin Timur

Motto "Habaring Hurung" dalam bahasa dayak yang berarti bahandep/gotong royong dalam pita berwarna kuning bagian atas dan warna putih bagian bawah.


6. Kabupaten Seruyan

Motto Kabupaten Seruyan adalah “Gawi Hatantiring” yang berasal dari Bahasa daaerah Dayak Ngaju yang mempunyai arti bekerja bersama-sama.


7. Kabupaten Katingan

Semboyan kabupaten ini adalah "Penyang Hinje Simpel (bahasa Ngajul yang artinya adalah Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama


8. Kabupaten Barito Utara

semboyan atau motto Kabupaten Barito Utara yaitu "IYA MULIK BENGKANG TURAN sebagai mottonya yang artinya pantang menyerah sebelum berhasil.


9. Kabupaten Kapuas

Semboyan Kabupaten Kapuas yaitu "Tingang Menteng Panunjung Tarung Yang bermakna Tekad bersama (TINGANG MENTENG) berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat mengangkat harkat dan martabat secara berkelanjutan (PANUNJUNG TARUNG) seluruh komponen masyarakat kabupaten kapuas.


10. Kabupaten Barito Selatan

Motto semboyan Barito Selatan adalah 'Dahani. Dahanal Tuntung Tulus dan Pantang Pulang Sebelum Tumbang". Semboyan ini bermakna selamat sentosa adil dan makmur sampai selama-lamanya.


11. Kabupaten Barito Timur

Motto semboyan Barito Timur adalah "gumi jari janang kalalawah, semboyan ini bermakna menjadi jaya selamanya.


12. Kabupaten Gunung Mas

Motto Kabupaten Gunung Mas "Habangkalan Penyang Karuhoi Tatau melambangkan kehidupan masyarakat Kabupaten Gunung Mas suci bersih kokoh dan teguh dalam pendirian yang sifatnya kekal.

13. Kabupaten Murung Raya

Motto Kabupaten Murung Raya adalah "Tira Tangka Balang" yang berarti Bekerja Sampai tuntas.


14. Kabupaten Lamandau

Pengertian terhadap motto Kabupaten Lamandau yaitu "Bahaum Bakuba" adalah dalam membangun ataupun menyelesaikan dengan musyawarah atau bermufakat dengan tidak membedakan agama, suku, warna kulit dan golongan.


Pembaca Cerdas, itu dia makna semboyan masing-masing Kota/Kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. Sebagai warga Kalteng, wajib bagi kita untuk mengetahui apa saja makna semboyan yang juga merupakan pegangan hidup bagi masyarakat Kalimantan Tengah. -red

Comments


bottom of page