top of page

Malam unjuk bakat Pemilihan Duta Tambun Bungai, kebudayaan Kalteng sekaya itu!



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Asosiasi Duta Tambun Bungai (ADTB) kembali menyelenggarakan pemilihan Duta Tambun Bungai. Pemilihan yang diadakan tiap 2 tahun sekali ini bertujuan untuk menetapkan Hatue (lelaki) Tambun Bungai dan Bawi (perempuan) Tambun Bungai yang memiliki visi melestarikan adat dan budaya Kalimantan Tengah.

Rangkaian proses pemilihan Hatue dan Bawi Tambun Bungai ini telah dimulai dari Senin (7/8/2023) yang lalu. Peserta dibekali berbagai dan diseleksi dari berbagai aspek agar duta yang terpilih nantinya merupakan yang terbaik.


Pada Jumat (11/8/2023) malam kemarin, akhirnya proses pemilihan tibalah ke salah satu proses yang paling ditunggu, yakni unjuk bakat. Sebanyak 35 peserta menampilkan unjuk bakatnya masing-masing dalam bentuk kesenian daerah. Kekayaan budaya Kalimantan Tengah begitu terasa dalam penampilan muda-mudi ini. Ada yang menampilkan tarian, karungut, kuntau dan bermain kecapi. Unjuk bakat dilaksanakan di GPU Tambun Bungai Palangka Raya. Terlihat pula tingginya antusiasme masyarakat dan banyaknya suporter peserta yang hadir mendukung idolanya masing-masing.



Foto : Andra dan Yoan, Duta Tambun Bungai sebelumnya


Tim Kalteng Network juga berkesempatan mewawancarai Andra Pratama dan Yoan Agnes Theresia, Duta Tambun Bungai tahun 2021 yang sebentar lagi akan meneruskan jabatannya kepada duta yang baru. "Selama 2 tahun menjabat, kami mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu, terutama tentang kebudayaan Kalimantan Tengah. Dua tahun ini sungguh berkesan," ucap Andra.


"Kami juga mengucapkan selamat bertanding bagi para peserta, tanamkan mental siap menang dan siap kalah. Inilah kompetisi, namun yang pastinya, kami harap seluruh putra putri Tambun Bungai siap melestarikan adat istiadat dan budaya Kalimantan Tengah," tambah Yoan. Keduanya akan resmi lepas jabatan pada malam Sabtu (12/8/2023) mendatang. -red


Comments


bottom of page