top of page

Marak Konten Negatif, Diskominfo Palangka Raya : Kita Harus Cerdas Literasi Digital!


Sumber foto : MMC Palangka Raya


Kalteng Network, Palangka Raya - Di zaman serba digital semuanya berubah bentuk. Penunjuk waktu seperti jam dinding, radio untuk mendengarkan berita, televisi, menulis surat, dan telepon dapat diakses dalam satu ketukan pada ponsel pintar, berbentuk digital. Berbagai buku yang awalnya berbentuk fisik, kini tersedia bentuk digitalnya tanpa harus berat membawa beratus-ratus halaman kertas. Pertemuan yang awalnya membutuhkan ruangan besar, kini dapat diakses melalui layar ponsel atau laptop masing-masing.


Tak dapat dipungkiri, zaman digital ini membawa banyak keuntungan dan kemudahan. Namun, berbagai risiko kejahatan juga berubah bentuk menjadi digital. Hal ini tentu saja dapat berbahaya apabila kita mengakses dunia digital tanpa kemampuan literasi yang memadai.


Menghadapi hal ini, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi literasi digital tentang etika berpendapat di ruang digital bertempat aula SMA Negeri 3 Kota Palangka Raya, Kamis (3/8/2023) yang lalu. Sosialisasi yang diikuti oleh 80 pelajar ini juga bekerjasama dengan menghadirkan narasumber Eltibiz Palangka Raya.


“Banyaknya sebaran informasi di media sosial menuntut kemampuan literasi digital yang baik sehingga mampu menangkal konten negatif yang dapat merusak ekosistem digital,” ucap Saipullah, Kepala Diskominfo Kota Palangka Raya saat membuka kegiatan. Dirinya juga menyampaikan bahwa pelajar sebagai salah satu pengguna media sosial harus dapat melakukan filter terhadap informasi dan keberadaan konten negatif sehingga memiliki kemampuan literasi digital yang baik.


Dikatakannya, dunia internet yang saat ini banyak dipenuhi konten negatif harusnya bisa ditangkal dengan membangun kesadaran dari tiap individu, dengan memiliki kemampuan memilah, memilih dan membaca agar dapat mendapatkan informasi yang benar.

“Selain itu, kemampuan mencari sumber informasi yang bisa dipertanggung jawabkan menjadi sangat penting di tengah percepatan teknologi digital saat ini,” tambahnya.


Melalui kegiatan sosialisasi ini dirinya mengharapkan para pengguna internet khususnya para pelajar dapat menggunakan internet lebih pintar, bijak dan bertanggung jawab sehingga konten positif yang digunakan di media sosial memberi dampak baik bagi pengguna internet secara luas.


Bagaimana Pembaca Cerdas, apakah kalian juga sudah melek literasi digital? -red

Comments


bottom of page