top of page

Mengukir Keindahan Budaya: Pagelaran Kesenian 2023 oleh Sanggar Seni Betang Batarung

Kalteng Network, Palangkaraya- Kalimantan Tengah, benua yang terletak di tengah-tengah Indonesia dan dikelilingi hutan hujan, selalu menjadi tempat yang kaya akan budaya dan warisan tradisional. Pada 26 Agustus 2023, kekayaan budaya ini semakin bersinar melalui Pagelaran Seni yang luar biasa oleh Sanggar Seni Betang Batarung. Pagelaran yang menakjubkan ini mengajak kita untuk menyelami kedalaman budaya Dayak dan mengapresiasi keragaman seni yang mekar di Bumi Tambun Bungai ini.


Mengenal Sanggar Seni Betang Batarung


Sanggar Seni Betang Batarung merupakan salah satu Sanggar Seni Tradisional di kota Palangka Raya, dikoordinir oleh Tris Sofia Wartina selaku ketua sanggar yang terdaftar pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2009 dan telah berpengalaman dalam menampilkan seni musik dan tari tradisional khas Kalimantan Tengah serta berprestasi di kancah Nasional maupun Internasional baik di dalam maupun diluar negeri seperti di kota-kota besar di Indonesia, Inggris, Australia, Malaysia,Kanada dan beberapa negara Kawasan di Eropa lainnya. Dalam perkembangannya, Betang Batarung dibentuk menjadi sebuah Yayasan yang menaungi LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Betang Batarung Pesona Pagelaran Kesenian 2023.



Pagelaran Kesenian 2023 oleh Sanggar Seni Betang Batarung adalah perayaan seni yang menggabungkan tarian, musik dan seni rupa dalam satu panggung megah. Menghadirkan Nur Fitriani Padjrinah M.sn Selaku Dosen Institut Seni Budaya Bandung dan memberikan workshop tentang mencintai dan mengekspresikan karya seni melalui tari, Ia pun ikut serta Memeriahkan Pagelaran dengan Special Show yang meriah dan Memukau.



Di bawah sinar terang bulan, panggung tersebut menjadi jendela untuk memandang ke dalam jiwa budaya Dayak yang dalam. Ritual tarian-tarian yang mengisahkan kisah-kisah leluhur dan budaya, musik yang menggugah semangat kebersamaan, dan seni rupa yang memukau menghanyutkan penonton ke dalam alam budaya yang misterius.


Harmoni Tradisi dan Inovasi


Apa yang membuat pagelaran ini istimewa adalah perpaduan harmonis antara tradisi dan inovasi. Sanggar Seni Betang Batarung berhasil mempertahankan keaslian unsur-unsur tradisional Dayak, sekaligus menggabungkannya dengan unsur-unsur kontemporer yang segar. Ini bukan sekadar tontonan, tapi juga sebuah perjalanan melintasi waktu yang mencakup nilai-nilai masa lalu sambil membuka pintu bagi eksplorasi baru.



Menghidupkan Warisan Budaya untuk Masa Depan


Pagelaran Kesenian 2023 oleh Sanggar Seni Betang Batarung adalah bukti nyata bahwa warisan budaya bisa hidup dan terus berkembang dalam wujud yang menginspirasi. Para seniman muda ini telah membuktikan bahwa budaya tidak hanya tentang masa lalu, tapi juga tentang masa depan yang dinamis. Di tengah arus modernisasi, halamanlaran ini memberi kita pengingat penting akan pentingnya menjaga akar budaya kita.


Faisal Tas'an selaku founder dari Infinity Event Designer, berkata “Terima kasih untuk kedua kalinya dipercaya menggarap acara pagelaran Betang Batarung. Proses demi proses dilalui sehingga merasakan atmosfer untuk terlibat didalamnya, kesenian Dayak Kalimantan Tengah yaitu seni tari yang di tampilkan oleh pihak betang batarung memang perlu dilestarikan sehingga tak akan lekang oleh waktu. Sekali lagi terima kasih ka Tris Sofia Wartina untuk kepercayaan terhadap Infinity Event Designer” Ujar Faisal Tas’an kepada Kalteng Network, 29/08/2023.


Pagelaran Kesenian 2023 di Kota Palangkaraya oleh Sanggar Seni Betang Batarung adalah ajang yang memukau yang mengingatkan kita akan kekayaan budaya Dayak dan potensi seni lokal. Melalui harmoni tradisi dan inovasi, para seniman telah menciptakan pengalaman yang menggugah jiwa dan menginspirasi. Mari kita bersama-sama mengapresiasi upaya mereka dalam melestarikan budaya, menginspirasi generasi muda, dan membawa warisan budaya ke masa depan yang cerah. -red

Comments


bottom of page