top of page

Menteri PUPR Tegaskan Tahun Politik Tak Ganggu Pembangunan IKN


Ilustrasi IKN : Kementerian PUPR


Jakarta, Kalteng Network - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) tetap dilanjutkan meskipun pada 2024 Indonesia memasuki tahun politik.

Basuki menyampaikan pembangunan di IKN mulai dilanjutkan setelah libur lebaran. Ia mengatakan ada sekitar delapan ribu pekerja atau 80 persen pekerja sudah kembali mengerjakan proyek di IKN.


Menteri PUPR juga menjelaskan bahwa Presiden dalam waktu dekat akan mengunjungi IKN bersama para investor. Pemerintah menyakini investasi akan masuk ke IKN walaupun dalam waktu dekat akan ada pemilihan presiden.


Untuk investasi, terang Basuki, menjadi kewenangan Otorita IKN (OIKN), namun sudah ada sejumlah letter of intent (LOI) dari para investor untuk terlibat dalam pembangunan di IKN. Sebelum para investor mulai membangun, menurutnya OIKN perlu menyiapkan lahan.

“Ya belum. Kan kita yakinkan saja. Kan sudah ada yang masuk LOI, lewat saya udah beberapa LOI kita serahkan ke Otorita. Masalahnya adalah pembelian tanahnya ini yang belum disiapkan otorita,” ucap Basuki seusai rapat internal dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 28 April 2023.


Lebih lanjut, Basuki menerangkan bahwa Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) telah disampaikan kepada Presiden Jokowi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat Presiden akan kembali mengunjungi IKN.

“Kemarin saya dipanggil katanya dalam waktu dekat gitu. Ya ngajak investor dengan peta (RDTR) itu,” pungkasnya. Basuki mengungkap di IKN akan dibangun training center milik Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pembangunan itu dibiayai oleh FIFA. -red

Opmerkingen


bottom of page