top of page

Menyambut Libur Lebaran, Ini 5 Destinasi Air Terjun Mempesona di Kalimantan Tengah!

Kalteng Network - Pembaca Cerdas, libur lebaran sebentar lagi, nih! Apakah kamu sudah punya destinasi liburan? Kalau belum, liburan ke Kalimantan Tengah pisa jadi pilihan kamu.


Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan Papua Nugini. Kalimantan terkenal dengan keindahan alamnya yang meliputi hutan hujan tropis, sungai-sungai besar, gunung, serta kekayaan flora dan fauna yang melimpah. Setiap provinsi mempunyai keindahan alam masing-masing salah satunya di Kalimantan Tengah.


Kalimantan Tengah sendiri memiliki berbagai jenis pilihan wisata alam. Salah satu keindahan alam mempesona di Kalimantan Tengah adalah air terjun.

Berikut ini adalah 5 air terjun indah yang wajib kamu kunjungi saat berwisata alam di Kalimantan Tengah, yuk simak selengkapnya!


1. Air Terjun Batu Mahasur


Air Terjun Batu Mahasur memang cukup terkenal di kalangan para pecinta wisata air di Kalimantan Tengah. Terletak di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, jika kita berangkat dari palangkaraya maka akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Air terjun dengan ketinggian 12 meter ini memang memiliki aliran air yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu deras. Namun, justru itu yang membuat suasana menjadi lebih tenang dan menyenangkan. Jika kamu tertarik untuk menenangkan pikiran dengan suasana yang damai, tempat ini cocok untuk kamu.


2. Air Terjun Bawin Kameloh

(Sumber Gambar : KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO)


Tidak jauh dari objek wisata Batu Mahasur, ada destinasi wisata air terjun yang tak kalah indahnya, yakni Air Terjun Bawin Kameloh. Memiliki tebing yang cukup tinggi dan lebih tinggi daripada Air Terjun Batu Mahasur. Dan uniknya lagi dibalik air terjunnya juga terdapat goa, kamu bisa bersantai di dalamnya sembari menikmati indahnya air terjun. Memang jika dilihat dari segi fasilitas masih lengkap Air Terjun Batu Mahasur, namun objek wisata di Kalteng ini juga tak kalah asrinya, yang sama-sama berada di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Gunung Mas. Satu lagi yang sangat ektois adalah air yang ada di kolamnya memiliki warna merah dan kecoklatan.


3. Air Terjun Jantur Doyan


Air terjun yang tingginya tidak lebih dari 10 meter ini memiliki air yang sangat jernih serta kolam alaminya yang begitu luas. Yang membuat kamu betah adalah berada di tengah hutan lindung yang cukup lebat pohonnya. Untuk menuju lokasi air terjun kamu harus berjalan kaki sejauh 500 meter dengan suguhan keindahan hutan yang begitu hijau. Air Terjun Jantur Doyan memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, lokasi bermain anak juga tersedia di dalamnya. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Negara Km 18 Muara Teweh – Barito Utara.


4. Air Terjun Bitah Samba


Salah satu pesona indah dari banyaknya lokasi yang menawan yang ada di dalam Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah air terjun Bitah Samba. Meski tidak terlalu tinggi, namun memiliki kolam yang begitu luas di bawahnya serta memiliki air yang sangat jernih. Kawasan tempat wisata satu ini biasanya digunakan sebagai “shelter” atau tempat untuk beristirahat para pendaki Gunung Bukit Raya. Untuk mengunjungi Air Terjun Bitah Samba mungkin kamu harus menyiapkan stamina yang cukup prima dan tak lupa juga membawa perbekalan. Kamu bisa mengawalinya dari Desa Tumbang Habangoi yang berada di dalam wilayah Kecamatan Petak Malai.


5. Air Terjun Tumbang Habangoi


Desa Tumbang Habangoi, Kecamatan Petak Malai memang sangat layak jika dijadikan sebagai desa wisata yang ada di Kabupaten Katingan. Sebagian wilayah yang berdekatan dengan Gunung Bukit Raya dan juga Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka memiliki pesona alam yang begitu istimewa. Tak hanya Air Terjun Bitah Samba saja, tetapi masih ada Air Terjun Tumbang Habangoi yang tersimpan di tengah hutan belantara. Membutuhkan setidaknya 2 jam perjalanan melewati sungai dan menyibak lebatnya hutan dari Desa Tumbang Habangoi ke objek wisata di Kalteng yang satu ini. Jadi membawa perbekalan yang cukup serta menyiapkan stamina menjadi hal yang wajib. Tak ketinggalan juga menggunakan guide dari Desa Tumbang Habangoi juga sangat dibutuhkan agar tidak salah arah di dalam hutan.


Bagaimana, Pembaca Cerdas? Sudah siap libur lebaran sambil berwisata alam air terjun di Kalimantan Tengah? -red


Comments


bottom of page