top of page

Minat Peminjaman Buku di Perpustakaan Provinsi Kalteng Melonjak Tinggi di Tahun 2023


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Menurut data yang diperoleh dari aplikasi INLISLite pada tanggal 2 Januari 2024, jumlah peminjaman buku di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2023 mencapai 12.661, mengalami peningkatan sebanyak 38% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2022) yang sebanyak 9.152.


Arthur Mukkun, Pejabat Pelaksana Harian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, menyatakan bahwa peningkatan ini menjadi indikator positif atas semakin meningkatnya minat terhadap kegiatan literasi di Kalimantan Tengah, terutama di Kota Palangka Raya.


"Kami sangat gembira karena ini merupakan kali pertama kita mencapai jumlah peminjaman di atas 10 ribu. Angka ini memberikan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan kualitas referensi, pelayanan, dan semua sistem agar semakin baik di tahun 2024," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (2/1/2024).


Selain pelayanan membaca di tempat dan peminjaman buku, Perpustakaan Kalteng juga menyediakan Layanan Perpustakaan Kelling menggunakan mobil yang dapat dimanfaatkan oleh komunitas atau lembaga literasi. Terdapat pula Layanan Referensi, Layanan Deposit, serta Konsultasi Perpustakaan dan Arsip.


Arthur menjelaskan bahwa data pengunjung yang diberikan sangat valid karena telah menggunakan teknologi informasi sejak Februari 2023.


Perpustakaan Provinsi Kalimantan Tengah, yang berlokasi di Jalan AIS Nasution Nomor 11, Palangka Raya, buka setiap Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 – 15.00 WIB, serta Sabtu dari pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB.

-red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page