top of page

Mulai Besok, Jokowi Mulai Pembangunan Gudang Logistik dan Studio RRI di IKN


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan peresmian pembangunan atau groundbreaking 10 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari berikutnya. Informasi tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, dalam konferensi pers pada Selasa (16/1/2024).


Menurut Agung, Presiden Jokowi berencana memberikan pidato kepada bangsa melalui jaringan radio (RRI) di IKN, selama tidak ada hambatan yang menghalangi. Selain Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir juga diharapkan akan hadir dalam acara peresmian pembangunan 10 proyek di IKN. Proyek-proyek tersebut melibatkan unsur perusahaan BUMN, swasta, dan pemerintah.


Agung menjelaskan bahwa dua proyek yang melibatkan BUMN adalah Nusantara Logistic Hub milik PT Pos Indonesia dan studio siaran radio milik RRI. Lokasi stasiun radio di IKN akan berada di kawasan hunian bagi pekerja konstruksi.


Selanjutnya, dari sektor investasi swasta, terdapat empat proyek yang akan dibangun, mencakup area pergudangan milik SUN Hub, hotel bintang 5 milik Jambul Wuluk Hotel & Resorts, green pesantren milik BenihBaik.com, dan area pergudangan Nusantara Warehouse Park. Agung menekankan bahwa keberadaan SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park menunjukkan tema groundbreaking kali ini terfokus pada logistik, bersama dengan PT Pos Indonesia.


Agung juga memaparkan beberapa proyek yang pendanaannya berasal dari APBN, seperti Kantor Otorita IKN, masjid negara, memorial park atau Beranda Nusantara, dan kantor Lembaga Penjamin Simpanan.

Diketahui bahwa total nilai investasi di IKN hingga tahun 2023 mencapai Rp 41,45 triliun. Sebelumnya, pembangunan istana kepresidenan, kantor menteri, super block, hotel bintang 5, rumah sakit, dan sekolah swasta telah dilakukan.

Comments


bottom of page