top of page

5 tips untuk menjadi percaya diri

Updated: Sep 1, 2022



“ Setiap orang punya kepribadian yang menjadi ciri khasnya masing – masing. Tetapi ada satu kepribadian yang harus dimiliki oleh setiap orang yaitu Percaya diri. "

Masih minder kalau harus ketemu orang dan tidak percaya diri? Yuk intip 5 tips untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian!


1. Berpikir positif


Kepercayaan diri tidak akan muncul ketika pikiran terisi oleh hal-hal negatif. Sebaliknya, jika kita bisa berpikiran positif, maka tingkat kepercayaan diri juga meningkat dan kamu pun jadi lebih bahagia dan nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari.


Pikiran positif akan mempengaruhi suasana hati. Jadi, ketika berpikiran positif, kita bisa lebih fokus dengan tujuan kita tanpa mendengarkan perkataan orang lain sehingga ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Pikiran yang positif juga pasti akan memberikan penampilan yang baik.


Salah satu cara untuk berpikiran positif adalah tetap optimis dan jangan pernah pesimis atau memikirkan hal-hal negatif. Percayalah bahwa kamu pasti bisa melakukannya.


2. Olahraga


Sekilas seperti tidak ada hubungannya antara olahraga dengan tips untuk meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi menurut penelitian, olahraga bisa menjadi sarana yang tepat untuk mulai mencintai diri sendiri dan bisa mengurangin level depresi dan stress dalam diri. Olahraga merupakan salah satu cara untuk membua dan menjagat tubuh tetap sehat dan bugar.


Kalau kamu masih malas berolahraga, yuk mulai aktif berolahraga secara teratur dan konsisten. Pilih jenis olahraga yang kamu senangi jadi kamu akan melakukannya dengan senang hati juga. Memiliki tubuh yang sehat dan ideal juga bisa meningkatkan kepercayaan diri loh. Yuk mulailah untuk meluangkan waktu sekitar 15-30 menit sehari untuk melakukan olahraga yang kamu sukai.


3. Bersyukur


Bersyukur atas segala hal yang kamu miliki maupun yang sudah berlalu karena itulah yang sudah membentuk kamu hingga hari ini. Ketika kita bisa bersyukur di setiap waktu dan setiap musim kehidupan, rasa percaya diri akan bertambah dengan sendirinya. Kamu akan jadi lebih mencintai diri sendiri ketika kamu terbiasa bersyukur dalam segala hal dan kamu tidak akan membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu tak perlu harus selalu mendengar komentar negatif dari orang lain, abaikan saja. Tetaplah mencintai diri sendiri, percaya dan buktikan bahwa kamu tidak seperti yang mereka bicarakan. Karena yang lebih mengetahui tentang dirimu adalah kamu sendiri.


Jadi, belajar lah untuk menerima diri. Ketika bangun tidur di pagi hari jangan lupa untuk berdoa dan mengucap syukur. Karena ini akan memberikan energi positif yang membuat rasa percaya diri jadi semakin meningkat dan bersemangat untuk melakukan aktivitas karena kamu mencintai dan bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini.


4. Dress up


Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri adalah menjaga penampilan dan kebersihan sebagai tanda bahwa kamu menghormati dirimu sendiri.Ketika kamu berpenampilan baik dan nyaman ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri. Tidak harus berpenampilan yang berlebihan dan mewah, setidaknya kamu menggunakan baju yang rapi dan kamu sendiri merasa nyaman menggunakannya. Karena ketika kamu berpenampilan rapi lalu ada seseorang yang memujimu, pujian tersebut akan menjadi salah satu motivasi untuk lebih percaya diri. Begitu pula dengan kebersihan diri sendiri. Kamu tentu merasa tidak percaya diri ketika memiliki bau badan dan mudah berkeringat. Jadi, jagalah kebersihan diri supaya kamu lebih percaya diri ketika menemui orang lain. Biasakan menjaga kebersihan diri mulai dari hal kecil seperti mandi dua kali dalam sehari.


5. Be kind and know your worth


Jadilah orang dengan kepribadian yang baik. Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan talenta masing-masing. Kamu hanya perlu menemukan hal yang istimewa dalam dirimu dan mengembangkannya. Kelebihan diri bukan dipamerkan dan disombongkan ke orang lain, tetapi untuk membuatmu percaya bahwa dirimu itu sangat unik dan berharga. Mulailah untuk meningkatkan prestasi dan talentamu. Karena menurut banyak penelitian, orang akan lebih mudah percaya diri bertemu orang lain ketika dia memiliki sesuatu hal untuk dibanggakan.


Yuk, luangkan waktu untuk merenungkan kelebihan pada dirimu sendiri dan coba untuk meningkatkan kelebihan tersebut. Believe when you know your worth, you will feel appreciated and have self-confidence.


Comments


bottom of page