top of page

Partisipasi Badan Kesbangpol Prov. Kalteng dalam Forum Diskusi tentang Praktik Tugas Pemerintahan



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti acara Diskusi Panel Interaktif mengenai Implementasi Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Daerah dan Sosialisasi Sistem Informasi Politik dan Pemerintahan Umum. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) di Four Points Hotel Makassar pada Selasa (28/11/2023).


Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, menekankan pentingnya peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh Indonesia dalam melaksanakan fungsi-fungsi urusan pemerintahan umum. Bahtiar Baharuddin menyampaikan upaya untuk membangun sistem informasi yang terhubung dari tingkat nasional hingga kecamatan sebagai bagian dari perubahan yang digerakkan.


"Urusan pemerintahan dijalankan dari tingkat nasional hingga kecamatan, yang menyelenggarakan urusan pemerintahan umum. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi komunikasi antara 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi yang seragam dengan sistem informasi pemerintahan berbasis elektronik. Demikian juga dengan aspirasi masyarakat, banyak diungkapkan melalui media elektronik," jelasnya.


Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng, Fajar Sriningsih, yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol, mengungkapkan apresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Beliau menegaskan bahwa Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng akan selalu mendukung setiap upaya yang dilakukan untuk melaksanakan tugas urusan pemerintahan umum. Dalam diskusi tersebut, Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng membahas isu-isu strategis terkait pelaksanaan urusan pemerintahan umum, serta dinamika IPOLEKSOSBUDHANKAM di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.


Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga mencakup penandatanganan kerja sama antara Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dengan Badan Kesbangpol, serta penyerahan bantuan berupa satu unit laptop kepada masing-masing Badan Kesbangpol Provinsi se-Indonesia untuk mendukung pelaksanaan urusan pemerintahan umum di daerah. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page