top of page

PUSPA Kalteng Kolaborasi dengan PUSPA Pulang Pisau, Edukasi Pencegahan Stunting dan Stop Bullying Anak


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kalimantan Tengah telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Stunting melalui Pola Asuh Ibu dan Anak, yang juga disertai dengan Sosialisasi Stop Bullying terhadap anak. Acara ini berlangsung pada Rabu (20/12/2023) di Gedung Serba Guna Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau.


Dalam kerjasama dengan Forum Puspa Kabupaten Pulang Pisau, kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk Ketua III Forum Puspa Kalimantan Tengah, Lily Hadianie, Ketua Forum Puspa Kabupaten Pulang Pisau, Bahrianoor, Kepala Dinas P3APPKB Pulang Pisau, Bawa Budi Raharja, perangkat daerah, organisasi perempuan di Kabupaten Pulang Pisau, serta siswa SMP dan Forum Anak Daerah Kabupaten Pulang Pisau.


Ketua Forum Puspa Kalimantan Tengah, Lily Hadianie, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua III Forum Puspa, menyampaikan urgensi pencegahan stunting, mengingat Provinsi Kalimantan Tengah sedang aktif dalam program pencegahan stunting yang digagas oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran.


Lily menekankan bahwa untuk mempercepat penurunan angka stunting, partisipasi aktif dari semua pihak sangat dibutuhkan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kader-kader yang mampu menyosialisasikan pentingnya pencegahan stunting kepada masyarakat.

Selain membahas penurunan angka stunting, Lily juga menyoroti pentingnya penyuluhan mengenai Stop Bullying atau perundungan terhadap anak. Dalam konteks ini, ia menegaskan bahwa perundungan, baik secara verbal, fisik, maupun sosial, terhadap anak merupakan perilaku tidak dapat diterima dan merugikan.


Lily menyampaikan keprihatinan terhadap tren kasus perundungan anak yang tengah meningkat di media sosial. Oleh karena itu, kehadiran kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mencegah perilaku tidak menyenangkan terhadap anak, baik oleh individu maupun kelompok.


Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Pulang Pisau, Bawa Budi Raharja, menyampaikan apresiasi kepada Forum Puspa Kalimantan Tengah atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi. Ia berharap bahwa melalui pengetahuan yang diberikan tentang pencegahan stunting, Provinsi Kalimantan Tengah dapat terbebas dari masalah stunting.


Selain itu, ia juga berharap bahwa sosialisasi mengenai stop bullying dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kasus perundungan terhadap anak di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut, pemberian Paket Sekolah diberikan kepada perwakilan pelajar Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di Kabupaten Pulang Pisau. Selain itu, dilakukan juga pemberian Paket Tambahan kepada ibu hamil. -red




Sumber : mmc.kalteng


Comments


bottom of page