top of page

Pelatihan Penanganan Kekerasan: Optimalisasi Peran Perempuan dan Anak dalam Pembangunan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dalam acara Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas, Linae Victoria Aden, menggarisbawahi peran penting perempuan dan anak dalam pembangunan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


Linae juga menyampaikan keprihatinan atas maraknya kasus kekerasan yang terjadi di masyarakat serta keengganan untuk melaporkannya. Menurutnya, para petugas layanan harus siap untuk membantu dan menangani korban dengan tepat setiap kali menerima laporan kasus. Pentingnya penanganan segera dan pelayanan yang memadai untuk membantu korban pulih dari dampak kekerasan juga ditekankan.


Harapannya, pelatihan ini akan meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas layanan, khususnya di UPTD PPA, sehingga mereka dapat memberikan layanan yang optimal kepada korban kekerasan. Integrasi kerja layanan penanganan korban kekerasan juga dipandang penting melalui peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan. Dengan demikian, diharapkan penanganan korban kekerasan dapat menjadi lebih efektif.


Pentingnya pemahaman dan keterampilan dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta upaya kolaboratif untuk meningkatkan efektivitas layanan penanganan korban kekerasan.


Selain itu, acara tersebut dihadiri oleh narasumber dari berbagai instansi seperti Kejaksaan Negeri Palangka Raya, Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, DPC PERADI Palangka Raya, HIMPSI Wilayah Kalimantan Tengah, serta pejabat administrator dari lingkup Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah dan para petugas di UPT PPA di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page