top of page

Pelatihan SDM Pariwisata Kalteng: Menuju Desa Wisata Andal, Kreatif, dan Berpengetahuan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat sekitar Daya Tarik Wisata (DTW) pada Sabtu, 6 Juli 2024 di M-Bahalap Hotel Palangka Raya.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, melalui sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Agung Catur Prabowo, menyatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam mengelola kawasan sekitar Daya Tarik Wisata.


“Pengembangan Desa Wisata menjadi strategi populer dalam memajukan sektor pariwisata. Oleh karena itu, pemerintah perlu melatih SDM agar menjadi lebih andal, berwawasan luas, kreatif, dan berpengetahuan,” jelasnya.


Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata, Adi Riswandi, menambahkan bahwa pelatihan ini juga memberikan pemahaman tentang pemasaran digital dalam kepariwisataan.


"Kami mengundang narasumber dari Tim Ide Creative Jakarta dan atourin.com untuk memberikan materi mengenai pemasaran digital, cara membuat paket wisata yang menarik dan layak dijual, serta meningkatkan kompetensi dalam mempromosikan destinasi dan daya tarik wisata secara profesional," kata Adi.


"Harapan kami, dengan adanya kolaborasi antara stakeholder bidang Pariwisata khususnya desa wisata, jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Tengah akan meningkat, membuka lapangan kerja baru, dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambahnya.


Pelatihan yang berlangsung pada 6-7 Juli 2024 ini diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari Pengelola Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pelaku usaha pariwisata dari 14 Kabupaten/Kota.


Sebagai informasi, di akhir kegiatan ini, terbentuk 14 desa wisata, 4 operator tur, 1 museum, dan 1 resor yang telah beralih ke digital dan berhasil terdaftar di marketplace atourin.com. -red



Foto : mmc.kalteng

Comments


bottom of page