top of page

Pembukaan Adujak 2023 : Fokus di Isu Stunting



Kalteng Network, Palangka Raya - Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Genre (Adujak) merupakan gelar tahunan Generasi Berencana (GenRe) Indonesia Kalimantan Tengah. Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (2/5) lalu ini bertempat di aula Swsibel-hotel Danum Palangka Raya. Pesertanya merupakan remaja usia 16-21 tahun dari seluruh kota dan kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah.


Adujak 2023 memiliki tema "Aksi Nyata Remaja Lawan Stunting, Remaja Kalteng! Muda, Berkarya, Membara” yang secara khusus menyoroti isu stunting. Stunting adalah kondisi di mana seorang anak tumbuh tanpa gizi yang cukup. Stunting menyebabkan anak bertubuh lebih kecil dan pendek dari anak usia sebayanya. Stunting juga mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak. Angka stunting Kalimantan Tengah pada tahun 2022 adalah sebesar 26,9 persen. Salah satu upaya untuk menurunkan angka ini adalah dengan edukasi perencanaan keluarga pada remaja melalui Generasi Berencana.



Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Jeanny Yola Winokan, MAP turut hadir memberikan sambutan. "Membina remaja adalah investasi yang teramat penting," ucap beliau pada sambutannya. Acara resmi dibuka dengan penabuhan katambung oleh dr. Linae Victoria Aden, M.M.Kes., Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah.


Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow bersama Ayah dan Bunda GenRe. "Ayah" Jaya Samaya Monong, S.E., M.Si. dan "Bunda" Mimi Mariatie, S.E. juga merupakan Bupati Gunung Mas beserta ibu. Turut bergabung dokter Riyo, konsultan remaja dari BKKBN pusat. Ketiganya sepakat bahwa perkembangan zaman sangat mempengaruhi perkembangan remaja, untuk itu sudah saatnya kita memanfaatkan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Kegiatan Adujak 2023 ini akan terus berlangsung hingga Kamis, (4/5) nanti. -red


Comments


bottom of page