top of page

Pemerintah Kalteng Lanjutkan Program Asuransi dan Bantuan Subsidi Usaha Perikanan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran telah mengambil langkah-langkah baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, terutama dalam sektor kelautan dan perikanan. Salah satu inisiatifnya adalah memberikan Asuransi Pelaku Usaha Perikanan (Kusuka) BERKAH kepada semua pelaku usaha perikanan di wilayah tersebut.


Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kembali merancang program Fasilitasi Bantuan Subsidi Biaya Pembelian Sarana Produksi bagi Pelaku Usaha Perikanan. Program ini mencakup subsidi biaya pembelian BBM untuk nelayan, benih, pakan ikan, dan bahan pembantu bagi pengolah hasil perikanan. Bantuan ini direncanakan untuk 26.181 pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah.


Dalam pertemuan antara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, H. Darliansjah, dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Kapuas, Kusmiatie, dibahas sinergi program perikanan antara provinsi dan kabupaten. Kusmiatie menegaskan pentingnya koordinasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kapuas.


Darliansjah menyambut baik kolaborasi tersebut dan meminta verifikasi data penerima bantuan serta koordinasi dalam penyaluran bantuan. Dia juga menyoroti program budi daya ikan dan revitalisasi balai benih di Kabupaten Kapuas sebagai potensi yang perlu dikembangkan dengan baik.


Kunjungan ini menandai awal kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kapuas, menunjukkan pentingnya sinergi antarinstansi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat meringankan beban dalam peningkatan sektor perikanan dan mendukung upaya pemerintah dalam menjawab kebutuhan dan permasalahan masyarakat. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comentarios


bottom of page