top of page

Pemilu Antar Generasi di DPRD Kotim, Siap Bawa Energi Baru!


KALTENG NETWORK, SAMPIT - Keanggotaan DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2024-2029 akan mengalami perubahan signifikan, dengan banyaknya petahana yang tidak terpilih kembali pada pemilu 14 Februari lalu. Diperkirakan hampir setengah dari anggota DPRD yang baru merupakan 'wajah baru'.


"Saya rasa ini bagus untuk menghadirkan energi baru. Anggota lama yang terpilih kembali dapat memastikan kelanjutan program, sementara anggota baru diharapkan bisa menyumbangkan ide-ide segar," kata Samsudin, warga Sampit, pada Minggu.


KPU belum menetapkan nama-nama anggota legislatif terpilih karena masih ada tahapan lain yang harus dilalui. Namun, dari perolehan suara tersebut diperkirakan komposisi perolehan kursi masing-masing partai adalah: PDIP mendapatkan 10 kursi, Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, PAN 5 kursi, PKB 5 kursi, Demokrat 3 kursi, PKS 3 kursi, Nasdem 2 kursi, dan Perindo 1 kursi.


PDIP yang berhasil menambah tiga kursi, berhasil mempertahankan kursi ketua DPRD. Dua kursi wakil ketua akan diisi oleh Gerindra yang berhasil menambah satu kursi, menggeser Golkar dan PAN yang masing-masing kehilangan satu kursi.


Berdasarkan data sementara, dari 40 kursi DPRD Kotawaringin Timur, terdapat 21 petahana yang kembali terpilih, sementara 19 politisi lainnya merupakan wajah baru.


Di daerah pemilihan (dapil) I, kursi didominasi petahana yaitu Sihol Parningotan Lumban Gaol, Muhammad Kurniawan Anwar, Pardamean Gultom, Riskon Fabiansyah, Suprianto, dan Modika Latifah Munawarah. Anggota baru di dapil I adalah Angga Aditya Nugraha, Chindy Maulidtika Yunia, Muhammad Idi, dan Ahyar.


Di dapil II, petahana yang terpilih adalah Rambat, Rinie, Dadang Siswanto, Marudin, Abdul Kadir, dan Syahbana, sementara anggota baru adalah Paliansyah dan Ariyandi.


Di dapil III, dari enam kursi yang diperebutkan, hanya satu petahana yang terpilih kembali yaitu Rudianur. Anggota baru di dapil ini adalah Zainuddin, Akhyannoor, Muhammad Hafiz, Wahito Fajriannor, dan Eddy Mashamy.


Di dapil IV, hanya tiga petahana yang terpilih kembali yaitu Parimus, Mariani, dan Memey Wulandari. Empat kursi lainnya diisi oleh wajah baru yaitu Devi, Supian Hadi, Langkap, dan Noor Aprilly.


Di dapil V, petahana yang terpilih adalah Muhammad Abadi, Juliansyah, Rimbun, Hairis Salamad, dan Hendra Sia, sementara anggota baru adalah Andi Lala, Abdul Sahid, Muhammad Ridho Ansari, dan Seto Hadi.


Ketua KPU Kotawaringin Timur, Muhammad Rifqi, mengakui adanya banyak wajah baru yang kemungkinan besar akan menduduki kursi DPRD. Namun, ia meminta masyarakat menunggu hasil resmi yang akan diumumkan oleh KPU. Penetapan calon anggota DPRD terpilih akan dilakukan setelah KPU memastikan tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) atau setelah sidang perselisihan hasil pemilu di MK selesai.


Berdasarkan peraturan MK Nomor 5 tahun 2023, pembacaan putusan MK terhadap permohonan perselisihan hasil pemilu akan dilaksanakan pada 4-5 Juni 2024. Penetapan calon anggota DPRD terpilih paling lambat akan dilakukan pada 8 Juni 2024, demikian Rifqi menjelaskan. -red

Comments


bottom of page